PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU ADIDAS YANG DI MEDIASI BRAND TRUST

Hong Rendy, Antonius Jan Wellyantony Putro, Erick Teofilus Gunawan

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Kualitas Produk terhadap Brand Trust, pengaruh Brand Image terhadap Brand Trust, pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian, pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian, pengaruh Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian, peran mediasi Brand Trust pada pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian, dan peran mediasi Brand Trust pada pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Obyek penelitian ini adalah responden kalangan muda berumur 17 tahun keatas dengan kualifikasi yang pernah membeli atau mengunakan sepatu Adidas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan diperoleh data 197 data responden. Teknik analisis data menggunakan software SmartPLS version 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan Kualitas Produk dan Brand Image berpengaruh positif dan signifikan pada Brand Trust ; Brand Trust berpengaruh positif dan signifikan pada Keputusan Pembelian ; dan Brand Trust memediasi pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image pada Keputusan Pembelian. Tetapi, Brand Image tidak dapat berpengaruh positif dan siginifikan pada Keputusan Pembelian. Saran yang bisa diberikan untuk Sepatu Adidas yakni iklan yang lebih interaktif dan kreatitf untuk mengenalkan brand Adidas ini kepada konsumen, Sepatu Adidas juga harus up to date dalam tren yang ada di masa sekarang dan bisa menambah varian atau edisi terbaru pada produknya. Maka dari itu, sepatu Adidas harus bisa mempertahankan kualitas produk dan brand image agar konsumen dapat membentuk brand trust dan melakukan keputusan pembelian pada produk tersebut

Save to Mendeley


Keywords


Kualitas Produk, Brand Image, Brand Trust, Keputusan Pembelian

References


Adiwidjaja, Adrian J. dan Tarigan, Zeplin J. W. (2017). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Aeni, N., dan Ekhsan, Muhamad. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian yang di Mediasi Brand Trust. Bekasi: Universitas Pelita Bangsa. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(1), 377-386.

Afrianata, Aldri ; Udayana, I. B. N. ; dan Maharani, Bernadetta Diansepti (2022). Pengaruh produk quality terhadap brand loyalty melalui brand image dan brand trust sebagai variabel intervening. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Agustin, A., Sudarwati, & Maryam, S. (2021). Purchase Decision Based on The Brand Image, Product Design and Lifestyle on Converse Shoes in Surakarta. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(1), 53-59.

Aisyah, S., Agustiawan, A., Nurwanita, & Fatma, F. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Vixion. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam - JIEBI Vol. 2 No1, 60-75.

Alamzah, D. (2017). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT. GO-JEK Indonesia, dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Universitas Brawijaya

Amelfdi, Fransisca Jovita dan Ardyan, Elia (2021). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 5, No. 6). Surabaya: Universitas Ciputra

Andansari, T. (2018). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Inovasi Produk Terhadap Daya Saing Bank BNI Syariah di Kota Tangerang Selatan. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Annisa, R., (2020). Pengaruh Kualitas Prduk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Nature Republic Di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 8 Nomor 3- Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, pp.

Ardani, Wayan. (2020). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepatu Converse Di Kota Denpasar, Bali. Bali: Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis.

Arief, M., Suyadi, I. & Sunarti. (2017). Pengaruh Kepercayaan Merek dan Komitmen Merek Terhadap Loyalitas Merek. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 146

Astuti Miguna dan matondang Nurhafifah, (2020). Astuti Miguna dan matondang Nurhafifah. (2020). manajemen pemasaran. CV BUDI UTAMA.

Atmaja, Ni Putu Cempaka Dharmadewi dan Menuh, Ni Nyoman. (2019). Peran Mediasi Brand Trust Pada Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Denpasar: Universitas Mahasaraswati.

Aurellia, Diva dan Sidharta, Helena (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Skincare Lokal. Surabaya: Universitas Ciputra.

Ayu, D. N. P. P., dan Ketut, G. I. G. A. (2020). The Role Of Brand Trust Mediates The Effect Of Product Quality And Brand Image On Purchase Decision: A Study On Iphone Consumers In Denpasar City. Eurasia: Economics & Business.

Bambang, Abas dan Meyzi Heriyanto. (2017). Pengaruh Brand Equity Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Mobil Merek Toyota Kijang Innova (Survey Konsumen Pada Dealer PT. Agung Automall Cabang Sutomo Pekanbaru). Journal Online Mahasiswa FISIP, Vol. 4 No. 2.

Bimaruci, H., Mahaputra, M. R., dan Ilhamalimy, R. R. (2021). Model Of Purchasing Decisions And Customer Satisfaction: Analysis Of Brand Image And Product Quality (Marketing Management Literature Review). Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 1(6)

Budihardja, L., & Sitinjak, T. (2022). Pengaruh Identitas Merek, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pada Konsumen Sepatu Nike Di Jakarta. Jurnal Manajemen, 11(2), 1–8. https://doi.org/10.46806/jm.v11i2.870

Chi, H. K, Yeh, H. K, & Chiou C. Y. (2018).The effects of brand affect on female cosmetic users brand loyalty in Taiwan. The Journal of American Academy of Bussiness, 14(2), 230-236.

Chinomona, R., & Maziriri, E.T. (2017). The influence of brand awareness, brand association and product quality on brand loyalty and repurchase intention: a case of male consumers for cosmetic brands in South Africa. Journal of Business and Retail Management Research (JBRMR). Vol. 12 Issue 1

Diputra, A. W. dan Yasa, N. N. (2021). the Influence of Product Quality, Brand Image, Brand Trust on Customer Satisfaction and Loyalty. American International Journal of Business Management (AIJBM), 4(1).

Duff & Phelps. (2021). Apparel Quarterly Update. Duff & Phelps. Didapatkan dari https://www.kroll.com/en/insights/publicat ions/m-and-a/apparel-quarterly-update- winter- 2021. 02 Maret 2023, pukul 19:00 WIB.

Ernawati, Reni., Dwi, Anastasia B., dan Argo, Jenji Gunaedi. (2021) Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E- commerce Zalora di Jakarta. Jakarta: Program Studi Manajemen, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Fajriyan, Ridhawan Hadi. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sepatu Sepak Bola Adidas. Jakarta Selatan: Universitas Trilogi.

Febrianto, Ahmad (2017), Pengaruh Citra Merek terhadap Proses Keputusan pembelian Heyjacker Company di Kota Bandung, Journal Faculty of Comminication and Business, Telkom University, Vol. 4, No. 1.

Ferrinadewi, Erna. (2018). Kepercayaan Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Firmansyah, Anang. (2019). Pemasaran produk dan merek, cetakan pertama, penerbit Qiara Media, Jawa Timur.

Ghozali, Imam dan Hengky Latan (2020). Partial Least Squares Konsep Teknik dan Aplikasi dengan Program Smart PLS 3.0. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Hafidz, Muhammad Respati ; Komarsyah, Dian; dan Saptiani, Fenny. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Trust, dan Brand Identity terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Ventela. Lampung: FISIP, Universitas Lampung.

Hanaysha, Jalal Rajeh. (2022). Impact of social media marketing features on consumer’s purchase decision in the fast-food industry: Brand trust as a mediator. United Arab Emirates : School of Business, Skyline University College. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2022.10010 2

Hapsoro, B. B., dan Hafidh, W. A. (2018). The Influence Of Electronic Word Of Mouth On Brand Image And Brand Trust And Its Impact On Purchase Intention. Management Analysis Journal.

Hulu, Ruswanti dan Hapsari. (2018). Influence of Product Quality, Promotion, Brand Image, Consumer Trust towards Purchase Intention (Study Case on Pocari Sweat Isotonic Drink). IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM) Volume 20, Issue 8. Ver. I

Ilmiyatul. (2020). The Effect of Brand Image and Service Quality on Purchase Decision With Word of Mouth as Mediation Variable at Prof. Dr. Tabrani Hospital Pekanbaru. International Journal of Economic, Business and Applications, November, https://dx.doi.org/10.31258/ijeba.5.2.25-44

Irwan dan Wibowo, Edwin Agung. (2021). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Batam: Universitas Riau Kepulauan.

Istiyanto, Budi dan Nugroho, Lailatan, Nugroho. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas ProdukTerhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC di Surakarta). Jurnal Eksis Riset Ekonomi dan Bisnis. Surakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta.

John, Bancin Budiman. (2021). Citra merek dan word of mouth. CV Budi Pustaka.

Juliana, J., dan Johan, J. (2020). Pengaruh brand image terhadap keputusan memilih Universitas dengan brand trust sebagai variabel intervening. Journal. Bus. Bank.

Junaidi. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Citra Mandiri Distribusindo. Batam: Universitas Putera Batam.

Kartika, Didin ; Zainul Arifin ; dkk (2017). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumsi Produk Mie Instan Indomie. Malang: Universitas Brawijaya.

Keller dan Amstrong. (2021) “Prinsip-prinsip Pemasaran”. Edisi Kedua Belas”. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Khuong, M. N., dan Tran, N. T. H. (2018). The Impacts of Product Packaging Elements on Brand Image and Purchase Intention — An Empirical Study of Phuc Long’s Packaged Tea Products. International Journal of Trade, Economics and Finance, 9(1), 8–13. https://doi.org/10.18178/ijtef.2018.9.1.580

Kim, R. B., & Chao, Y. (2019). Effects of brand experience, brand image and brand trust on brand building process: The case of Chinese millennial generation consumers. Journal of International Studies, 12(3).

Kotler, P., Keller, K. L. K. (2021). Marketing Management, Global Edition (Global Edition). Pearson Education Limited.

Kusumodewi, G., & Sudarwanto, T. (2018). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk & Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kain Batik Mirota Surabaya. Program Studi Tata Niaga Universitas Surabaya, 1–9

Lailiyah, Nita Ilmiyatul. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Layanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen Fast Food McDonald’s di Kota Malang). Tesis. Malang: Universitas Muhammadiyah.

Larasati, Asahi Asry. (2022). Kinerja Adidas Suram, Stok Sepatu Menumpuk. Didapatkan dari https://ekonomi.bisnis.com/read/20221021/620/1590074/kinerja-adidas-suram-stok- sepatu-menumpuk 20 April 2023, pukul 13:30 WIB.

Lombok, Eunike Viedy Virginia ; dan Reitty L. Samadi. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Padamahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marpaung, Krisna F., Arnold S, M. W., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 7(1), 1–16.

Maryanti dan Khoiri, M. (2022) Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. Batam: Program Studi Manajemen Bisnis, Universitas Putera Batam.

Maulana, Y. S., Marista, M., Nurjanah, D. S., & Hadiani, D. (2021). The Effect of Brand Image and Brand Trust on Oppo Cellphones Purchase Decision in Banjar City. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(2).

Mujid, Abdul dan Andrian. (2021). Strategi Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Minat Melanjutkan Sekolah. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara. Jakarta Raya: Universitas Bhayangkara

Murti, Anggi. (2019). Pengaruh Brand Image, Promosi dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi. Tulunggung: Pendidikan Ekonomi. STKIP

Nadiya, Farisa Hasna dan Wahyuningsih, Susanti. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Semarang: STIE Pelita Nusantara.

Nugroho, Ilham Dwi dan Sarah, Siti (2021). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Busana Muslim Merek MaliQa). Bandung: Universitas INABA.

Oktavenia, Kadek A. R. dan Ardani, I Gusti A. K. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. Bali: Universitas Udayana (Unud).

Pambudi, Rosyta Arum. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Trust sebagai Variabel Intervening. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Pramezwary, A., Juliana, J., Eagan, B., Putri, F. J., & Setiadi, S. (2021). Pengaruh Identitas Brand Dan Strategi Penjualan Burger King Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 21(1), 10–18. https://doi.org/10.31294/jc.v21i1.9540

Putra, Arifin dan Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 48 No.1

Putri, Made Nafshya Ananda dan I Putu Gede Sukaatmadja. (2018). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Kualitas Produk terhadap Niat Beli Ulang. Bali: Universitas Udayana (Unud).

Ramadhani, Mohammad. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Handphone. Jawa Timur: Universitas Maarif Hasyim Latif

Ridwanudin, Riki ; dan Fanni Husnul Hanifa. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Minat Beli Konsumen Daihatsu Grand New Xenia Di Bandung Pada Tahun 2019. Bandung: Universitas Telkom.

Ririn, Rosyidi, (2020). buku monograf pengendalian kualitas produk. Batam: Universitas Putera Batam

Ristanti, Annisa. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Nature Republic di Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Rosanti, N., & Salam, K. N. (2021). The Effects of Brand Image and Product Quality on Purchase Decisions. Quantitative Economics and Management Studies, 2(6). Rybaczewska, M., Sparks, L., & Sułkowski, Ł. (2020). Consumers’ purchase decisions and employer image. Journal of Retailing and Consumer Services, 55, 102123.

Samad, Abdul dan Wibawo, Iman. (2017). Pengaruh Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Specs di Kota Bekasi, Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayan, Vol.4 No.3.

Santoso, Senen Abdi. (2021). Pengaruh Promotion Mix dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pelanggan Indi Home di Wilayah Ciputat. Jurnal Feasible Bisnis, Kewirausahaan, dan Koperasi. Tangerang: Universitas Pamulang.

Sari, Nurmalita ; Sudarmiatin ; dan Dhewi, Titis S. (2022). The Influence of Product Quality, Brand Image on Purchase Decisions and Brand Trust as Mediation Variables (Study on iPhone Users in Malang City). Malang: Universitas Negeri Malang.

Shabrin, N., Khandaker, S., Kashem, S. B. A., Hie, C. K., & Susila, T. (2017). Factors affecting smartphone purchase decisions of generation-Y. Journal of Contemporary Issues in Business and Government.

Simarmata, Mervyn Yudikaputra ; Taufik, E. R.; dan Damarwulan, Liza Mumtazah (2021). Mediasi Kepercayaan Konsumen Pada Hubungan Kualitas Produk Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace (Survey pada Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Sinulingga (2021). Perilaku Konsumen. CV BUDI UTAMA. Universitas Sam Ratulangi.

Sondakh, Novel David ; Tumbel, Altje L. ; dan Djemly, Woran. (2022). Pengaruh Viral Marketing, Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kokumi Manado. Jurnal EMBA. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado

Sopiah dan Sangadji, E. M. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. (D. Prabantini, Ed.) (Ed.1). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sorongan, Tommy Patrio. (2021). Penjualan Adidas Melorot, Laba Ambles 78% di 2020. Didapat dari https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/2 0210310161738-33-229310/penjualan-adidas-melorot-laba-ambles-78-di-2020, 19 Juni 2023, pukul 08:57 WIB

Stefanus, Christian Johan. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Malang. Malang: Universitas Brawijaya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Sukma, K. A. D. S. K., Nurcahya, I. K., & Suryani, A. (2016). Pengaeuh Celebrity Endorser, Brand Image dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Pembersih Wajah Men’s Biore (Doctoral dissertation, Udayana University).

Sulistyawati, P. (2017). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer di Kota Semarang, pp: 1-25.

Suryani, S., dan Rosalina, S. S. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian




DOI: https://doi.org/10.33508/jumma.v12i2.4841