Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kapal Mentawai Fast Rute Padang-Kepulauan Mentawai

Yudit Oktaria, Julius Mulyono, Lusia Permata Sari Hartanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel kualitas layanan serta pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen. Melalui penelitian ini, penulis dapat mengetahui besar pengaruh yang terjadi terhadap kepuasan konsumen dan mengetahui penilaian konsumen terhadap kualitas layanan kapal Mentawai Fast. Menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dimana sampel yang akan digunakan adalah orang yang pernah menggunakan kapal Mentawai Fast dalam jangka waktu 1 tahun terakhir. Metode analisis penelitian menggunakan validitas dan reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan faktor kualitas layanan berdasarkan tangible, reliability dan empathy memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan faktor kualitas layanan berdasarkan variabel responsiveness dan assurance tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.

Save to Mendeley


Keywords


Kapal Mentawai Fast, kualitas layanan, kepuasan konsumen

Full Text:

PDF

References


Agustin, R. R. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi Pada Pelanggan Kantor Pos Purworejo ).

Ali, A. et. al. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Di Perusahaan Galangan Kapal (studi kasus oada PT..Janata Marina Indah Semarang). Jounal of Managemment, 2(2), 8. Retrieved fromhttp://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/489.

Ardyana, M. A. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kapal Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak (Studi Pada Jasa Pemanduan Kapal) [The Effect Of Ship Service Quality Toward The Satisfaction of Tanjung Perak Customers]. 1–17.

Bulkiah, S et al. (2015). Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Kapal Cepat MV mentawai Fast Rute Padang-Kepulauan Mentawai

Firmani, T. S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Francisco, A. R. L. (2013). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Atribut Kartu Pelanggan MCC. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004. (2013). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Frisdiantara, C., & Graha, A. N. (2013). Pengaruh Dimensi Pelayanan Dan Dimensi Fasilitas Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 9(2), 106. https://doi.org/10.21067/jem.v9i2.201.

Hardiyati, R. (2010). AnalisisPengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, 1–149. Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/23450/1/Skripsi.pdf

Haslinda, & Muhammad, J. (2016). Pengaruh Perencanaan Anggaran Dan Evaluasi Anggaran Terhadap Kinerja Organisasi Dengan Standar Biaya Sebagai Variabel Moderating Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 11(1), 10.

Inten Surya Utami, I., & Jatra, I. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(7), 252117.

Jusna, & Nempung, T. (2016). Peranan Transportasi Laut Dalam Menunjang Arus Barang Dan Orang Di Kecamatan Maligano Kabupaten Muna. Jurnal Ekonomi Uho, 1(1), 189–200. Retrieved from http://ojs.uho.ac.id/index.php/JE/article/view/984

Malisan, J. (2017). Jurnal Penelitian Transportasi Laut Service Level Analysis of Terminal Passenger on. 19, 76–87.

Muis, A., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. M. M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Pengguna Tranportasi Go-Jek Di Semarang. Jornal Ekonomi Dan Bisnis, 78.

Nugroho, W. (2009). Analisis Persepsi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Bus Malam Cepat Sedya Mulya, 45(1), 1–19. https://doi.org/10.7202/1016404.

Paisal & Afrizawati (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Terminal Penumpang Kapal Cepat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 15(2), 77–87. https://doi.org/10.29259/jmbs.v15i2.5695.

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265. https://doi.org/10.19166/derema.v11i2.197.

Prasetio, A. (2011). Manajemn Pemasaran,Analisis Perencanaan dan Pengendalian. Management Analysis Journal, 1(4).

Primaningtyas, M. (2012). Jurnal sains pemasaran indonesia. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XI(3), 283–300.

Putro, S., Semuel, H., & Brahmana, R. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9. Retrieved from http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1404.

Rahman, A., & Supomo, H. (2012). Analisa Kepuasan Pelanggan pada Pekerjaan Reparasi Kapal dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Teknik ITS, 1(1), G297--G302.

Rukmi, H. S. et al. (2015). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Toko Oleh-Oleh. 115–124.

Saribanon, E. et al. (2016). Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Untuk Meningkatkan Loyalitas the Satisfaction of Transportation’S Customers To Enchance Loyalty. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 03(03), 317–326.

Suminar, L. H. (2010). Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap jasa transportasi trans jogja.

Tresiya, D., Djunaidi, D., & Subagyo, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kenyamanaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Perusahaan Jasa Ojek Online Go-Jek Di Kota Kediri). JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 208. https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.310.

Triyono. (2018). Teknik Sampling Dalam Penelitian Sosial. Lokakarya Penelitian Sosial Fakultas Adab IAIN Suka Yogyakarta, XI(March), 2–9. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.19674.24003.

Wardani, T. U. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Jasa Transportasi GO-JEK (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara).

Wibowo, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Umumbus Trans Jogja Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 67–81. https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11765.

Yuliarmi, N. N & Riyasa, P. (2007). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Pdam Kota Denpasar




DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v20i2.2650