Analisis Faktor Terhadap Minat Beli Mobil Low Cost Green Car (LCGC) Merek Toyota Dan Daihatsu

Yohanes Dewanto Putra, Martinus Edy Sianto, Julius Mulyono

Abstract


Dewasa ini, kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan pribadi semakin tak terlepaskan Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau, mendorong pabrikan besar dan terkenal seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Nissan dan Datsun untuk memproduksi mobil-mobil Low Cost Green Car (LCGC). Sangat penting untuk merencanakan aktivitas pemasaran yang baik melihat bagaimana ketatnya persaingan pangsa pasar mobil LCGC di Indonesia. Perusahaan harus mampu mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penjualan pada produk yang mereka hasilkan dan memahami dengan baik kebutuhan kosumen sehingga bisa mempertahankan penjualannya ditengah banyaknya produk kompet itor yang lainnya. Dengan menggunakan analisa faktor terdapat empat faktor yang berpengaruh terhadap minat beli mobil LCGC di Kota Surabaya dan Mojokerto, yaitu faktor kualitas, faktor harga produk, faktor citra merek, dan faktor minat beli.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF

References


“Marketing An Introduction”, Eight Edition, New Jersey : Prentice Hall.

Armstrong, Gary dan Kotler, Philip, 2008, “Prinsip-Prinsip Pemasaran”, Edisi 12, Erlangga: Jakarta.

Deretan Mobil Terlaris Semester Pertama 2018 https://www.gaikindo.or.id/deretan-mobil-terlaris-semester-pertama-2018/ tanggal 20 Februari 2019

Durianto, dkk, 2003, “Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif : Strategi, Program, dan Teknik Pengukuran”, Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Ferdinand, Augusty, 2006, “Metode Penelitian Mananjemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan skripsi, Tesis, dan disertasi Ilmu Manajemen”. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harini, 2008, “Makroekonomi Pengantar”, PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

J. Stanton, William, 2007, “Prinsip-Prinsip Pemasaran”, Edisi 7 Jilid 1, Jakarta, Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, 2007, “Manajemen Pemasaran”, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler dan Keller, 2009, “Manajemen Pemasaran”, Jilid I, Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, 2006, “Manajemen Pemasaran”, Edisi Pertama, Indonesia: PT, Indeks Kelompok Gramedia.

Menyoal Mobil LCGC https://www.kompasiana.com/ujangkosim/54f912aba333112d3c8b4ae9/menyoal-mobil-lcgc tanggal 27 Februari 2019

Munculnya Kebijakan Mobil Murah Dianggap Misterius https://finance.detik.com/industri/d-2361857/munculnya-kebijakan-mobil-murah-dianggap-misterius tanggal 27 Februari 2019

Kotler, Philip, 2005, “Manajemen Pemasaran”, Jilid I dan II, PT. Indeks: Jakarta.

Santoso, Singgih, 2017, “Statistik Multivariat dengan SPSS”, PT Elex Media Komputindo: Jakarta.

Sekaran, Uma, “Research Method For Business (Metodologi Penelitian Untuk Bisnis)”, Edisi 4, Jakarta : Salemba 4. 2006. p. 32

Swastha, Basu dan Irawan, 2005, “Manajemen Pemasaran Modern”, Liberty: Yogyakarta.

Syarat bagi industri otomotif yang ingin mengikuti program low cost green car http://www.kemenperin.go.id/artikel/6775/Menperin-Keluarkan-Peraturan-Mobil-LCGC tanggal 7 Desember 2018

Yamit, Zulian, 2001, “Manajemen Kualitas Produk dan Jasa”, Yogyakarta: Ekonosia.




DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v18i2.2272