Alat Ukur Timbangan Badan dan Tinggi Badan Otomatis Berbasis Arduino Dengan Output Suara

Raymundus Bagus, Lanny Agustine, Diana Lestariningsih

Abstract


Pada alat timbangan digital dan pengukur tinggi badan yang ada di pasaran saat ini masih menggunakan jarum ataupun meteran sebagai penunjuk berat maupun tinggi badan dari seseorang. Maka dari itu, pada pembuatan alat yang berjudul Alat Pengukur Berat Badan dan Tinggi Badan Otomatis Berbasis Arduino dengan output suara dapat menjadi pembaharuan dalam hal alat ukur dan juga diharapkan dapat membantu untuk kalangan penyandang tunanetra. Alat ini akan mengukur berat badan dan tinggi badan seseorang sekaligus dalam satu kali pengukuran, kemudian hasil dari berat dan tinggi badan tersebut dihubungkan dengan speaker sehingga pengguna dapat mendengar berapa berat dan tinggi badannya sendiri.
Pada alat timbangan digital dan pengukuran tinggi badan menggunakan mikrokontroler Arduino Uno untuk memproses data keluaran dari sensor berat badan dan tinggi badan. Kedua sensor berat (HX711) dan tinggi (VL53LOX) badan di hubungkan dengan mikrokontroler Arduino Uno dengan komunikasi serial SDA(Serial Data) dan SCL(Serial Clock) dalam prosess pemgiriman keluaran data. Hasil keluaran yang berupa berat dan tinggi diproses didalam Arduino Uno, kemudian ditampilkan pada LCD dan dikeluarkan juga ke modul suara DFMiniPlayer melalui pin digital audio output. Hasil keluaran berupa berat dan tinggi dihubungkan dengan speaker sehingga dapat didengar oleh pengguna alat tersebut.
Pada alat yang telah dibuat cukup berhasil dalam pengujian. menghasilkan selisih nilai berat maksimal 1 kg, begitu juga untuk nilai tinggi menghasilkan selisih nilai sebesar 1 cm, dan hasil klasifikasi BMI menghasilkan selisih 0,02. spesifikasi suara juga berhasil di dengar oleh pengguna sehingga pengguna dapat mengetahui berat serta tinggi dan juga hasil klasifikasi BMI mereka. Hanya saja kualitas dari suara yang masih belum sempurna dikarenakan menggunakan speaker dan modul amplifier yang sederhana.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF

References


Sistem Kerja Laser

Putra, I Wayan Krisna Eka. Juni 2016. “Sistem Kerja Laser pada LIDAR”. Universitas Pendidikan Ganesha Bali.

Merancang timbangan badan serta tinggi badan otomatis

Kusriyanto,Medila dkk. Agustus 2015 . “Rancang Bangun Timbangan Digital Berbasis Arduino”. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Berat Badan Ideal

Thomas dkk, Oktober 2008, “Sistem Pengukur Berat Badan menggunakan Mikrokontroler AT89S51”. Universitas Tarumanagara Jakarta.

Datasheet ISD 1700

http://pdf1.alldatasheet.com/datasheetpdf/view/210773/WINBOND/ISD17240.html (diakses pada tanggal 20 November 2017 ).

Datasheet arduino

https://www.arduino.cc/en/Main/ArduinoBoardUno (diakses pada tanggal 20 November 2017 ).

Penggabungan sensor strain gauge

https://learn.sparkfun.com/tutorials/load-cell-amplifier-hx711-breakout-hookup-guide (diakses pada tanggal 15 Februari 2018).

Tutorial pemrogaman weight scale with arduino

https://www.sfe-electronics.com/blog/news/tutorial-hx711-load-cell-amplifier-menggunakan-arduino (diakses pada tanggal 20 Februari 2018).

Merancang sistem keluaran suara dengan modul Dfplayer

Wijayanto Dwi dkk. April 2015. “IMPLEMENTASI SISTEM PEMANGGIL ANTRIAN DENGAN TAMPILAN SEVEN

SEGMENT BERBASIS MIKROKONTROLER PADA PT PLN SUKOHARJO”. D3 TeknikTelekomunikasi, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas T




DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v18i2.1921