Simulasi Berbasis Agen untuk Evakuasi Bencana Kerumunan Lapangan Indoor Gor X
Abstract
Perencanaan dan persiapan sebelum terjadi bencana merupakan kunci aktivita dalam manajemen keadaan darurat. Penerapan langkah-langkah keamanan yang tepat dapat mengurangi dampak bahaya yang terjadi ketika bencana pada kerumunan manusia di lapangan indoor GOR (Gelanggang Olah Raga) X. Namun evaluasi dan pemlihan langkah-langkah kemananan yang tepat sulit dilakukan dikarenakan banyaknya skenario penanggulangan bencana yang ada dilingkungan, ditambah dengan biaya yang tinggi terkait skenario tersebut. Makalah ini menyajikan model komputasi yang mensimulasikan evakuasi bencana, dimana manusia sebagai agent mempunyai aktivitas interaksi secara otonom atau berkelompok terhadap lingkungan yang mempunyai jalur evakuasi, susunan tepat duduk, dan sistem pendukung keputusan untuk mencari jalan keluar terdekat. Tujuan prototipe simulasi ini yaitu untuk mendapatkan presentasi jumlah kapasitas penonton lapangan indoor GOR X. Eksperimen dilakukan dengan skenario simulasi menurut 2 faktor yang dimiliki agent yaitu Number of Agent dan Number Scared of Agent. Berdasarkan hasil eksperimen skenario dengan waktu evakuasi terbaik ada pada skala 60-80% dimana hasil setelahnya waktu yang diperlukan cenderung konstan. Model simulasi ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk pendukung sistem keputusan dalam memberikan rekomendasi perencanaan kapasitas penonton yang akan diambil oleh pihak manajemen atau penyelenggara kegiatan di lapangan indoor GOR X.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33508/wt.v15i1.1522
Widya Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License