Alat Pengukur Panjang dan Tinggi Barang Hasil Produksi Secara Kontinyu

Hendra Ardi Setiadi, Antonius F.L. Tobing

Abstract


Mesin merupakan salah satu wujud nyata dari perkembangan teknologi yang digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan yang berbahaya maupun pekerjaan yang membutuhkan ketelitian yang tinggi. Oleh karena itu dalam proses produksi dibutuhkan pengawasan dengan ketelitian tinggi.
Alat pengukur panjang dan tinggi barang hasil produksi dibuat dengan menggunakan rangkaian mikrokontroler. Dengan penggunaaan alat ini diharapkan panjang dan tinggi barang dapat diukur dengan lebih cepat dan teliti.
Pada pengujian kinerja alat tersebut dilakukan beberapa pengukuran terhadap panjang dan tinggi barang.
Dari hasil pengukuran yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa tingkat keakuratan untuk sensor infrared yang berfungsi sebagai pendeteksi keberadaan barang mencapai nilai 100 %. Untuk sensor infrared yang berfungsi sebagai sensor pengukur tingkat keakuratannya mencapai nilai 95 %. Faktor yang mempengaruhi tingkat keakuratan tersebut antara lain delay yang ada dan ketepatan posisi dari sensor infrared. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan dan ketepatan hasil pengukuran, dapat disimpulkan bahwa alat
alat pengukur yang telah dibuat dapat bekerja dengan baik.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v7i1.1260