Efektifitas Terapi Nonfarmakologi Terhadap Nyeri Pada Klien dengan Rheumatoid Arthritis

Putu Indraswari Aryanti

Abstract


Latar belakang : Klien RA memiliki keluhan utama yang paling sering dikeluhkan yaitu nyeri. Penggunaan analgesik dan NSAID seringkali digunakan pada klien RA untuk menurunkan respons nyeri. Dewasa ini penggunaan NSAID dan analgesik mulai memberikan dampak/ efek samping pada klien sehingga klien dengan RA mulai memilih pengobatan alternatif non farmakologi untuk membantu mengurangi respons nyeri.
Tujuan : Tujuan dari penulisan literatur review ini adalah untuk mendeskripsikan efek terapi nonfarmakologis komplementer pada klien dengan nyeri rheumatoid arthritis.
Metode : Jurnal-jurnal yang telah dipublikasikan secara elektronik yang dipublikasikan 10 tahun terakhir (2006-2016). Database yang digunakan adalah Ebsco, PubMed, Science Direct, Scopus, dan Proquest.
Hasil : 15 studi telah dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil literatur review mengindikasikan bahwa terapi nonfarmakologis komplementer memberikan hasil positif pada penurunan nyeri pada klien RA. Pada aspek psikologis yakni ansietas dan fatigue yang dialami pada klien RA dilaporkan menurun signifikan.
Kesimpulan : Berdasarkan pada hasil literatur review, dapat disimpulkan bahwa terapi nonfarmakologi komplementer adalah suatu metode pengobatan komplementer yang efektif bagi klien dengan penyakit RA terutama untuk menurunkan nyeri, fatigue dan ansietas. Keteraturan klien dalam mengaplikasikan terapi akan menjaga efek terapi.
Kata kunci : rheumatoid arthritis; pereda nyeri; terapi komplementer; nyeri; nonfarmakologi

Save to Mendeley


Full Text:

PDF