Hubungan Pengetahuan Dan Persepsi Masyarakat Terhadap Minat Beli Sediaan Sirup Di Apotek Terkait Isu Cemaran Etilen Glikol Dan Dietilen Glikol
Abstract
Obat adalah bahan yang dimanfaatkan untuk mengobati penyakit, mengidentifikasi penyakit, mengurangi rasa nyeri serta sakit, dan menyembuhkan berbagai organ tubuh. Jumlah kandungan Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol dalam sirup obat yang melampaui kadar yang diperbolehkan telah mengkontaminasi sirup obat yang beredar di Indonesia dan meningkatkan risiko gagal ginjal yang akut dikalangan anak-anak. Dengan pendekatan deskriptif secara kuantitatif, penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis minat beli masyarakat terhadap sediaan sirup berdasarkan tingkat pengetahuan dan persepsi masyarakat. Dalam penelitian ini, IBM SPSS versi 25 digunakan untuk menganalisis data yang sudah ada dengan sampel purposif sebanyak 60 sampel. Analisis regresi berganda dilakukan terhadap data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai thitung pengetahuan = 2,087 dan persepsi = 2,301 dengan nilai ttabel 2,002 sedangkan nilai Fhitung 5,846 dengan nilai Ftabel 3,16. Dengan demikian, penelitian menunjukkan hasil bahwa pengetahuan dan persepsi masyarakat terhadap masalah kontaminasi etilen glikol dan dietilen glikol secara parsial dan simultan mempengaruhi minat beli sediaan sirup obat di Apotek.
Medicines are substances that are used to treat diseases, identify diseases, reduce pain and illness, and heal various organs of the body. The amount of Ethylene Glycol (EG) and Diethylene Glycol content of medicinal syrups that exceeding the allowed levels has contaminated the medicinal syrups circulating in Indonesia and increased the risk of acute kidney failure among children. With a quantitative and descriptive approach, this study aims to analyse public buying interest in syrup preparations based on the level of public knowledge and perception. In this study, IBM SPSS version 25 was used to analyse existing data with a purposive sample of 60 samples. The analysis of multiplication regressions was applied to this data. The study results show that tcount value of knowledge = 2.087 and perception = 2.301 with ttable value of 2.002 while Fcount value is 5.846 with Ftable value of 3.16. The study showed that people's knowledge and perceptions about ethylene glycol and diethylene glycol contamination problems partially and simultaneously affect the interest in buying medicinal syrup preparations at the pharmacy.
Save to Mendeley
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adepu, S. and Ramakrishna, S. (2021) ‘Controlled drug delivery systems: current status and future directions’, Molecules, 26(19), p. 5905.
Amal, A.I., Istadi, Y. and Wijayanti, K. (2017) ‘Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Dalam Pencegahan Keracunan Pada Anak Usia 1-5 Tahun Studi Observasional Di Kelurahan Karangrejo Semarang’, in Prosiding Seminar Nasional & Internasional. Available at: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/861 (Accessed: 19 June 2024).
Budi Sungkawa, H. and Ayu Kusuma, I. (2019) ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Presisi dan Akurasi Pemipetan Menggunakan Mikropipet Metode Forward’, Jurnal Laboratorium Khatulistiwa, 2(1), p. 5. Available at: https://doi.org/10.30602/jlk.v2i1.318.
Debora, V. (2018) ‘Perbedaan tingkat pengetahuan, persepsi, dan pengalaman terhadap penggunaan obat generik pada mahasiswa kedokteran dan non kedokteran di Universitas Lampung’. Available at: http://digilib.unila.ac.id/30221/ (Accessed: 19 June 2024).
Destiyana, B., Puspitasi, D. and Zulfani, R. (2024) ‘PENGARUH PENGETAHUAN TERHADAP MINAT BELI VITAMIN C DI APOTEK X KOTA TANGERANG SELATAN’, Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(8), pp. 1883–1888.
DM, M.Y. et al. (2023) ‘Pertanggungjawaban Hukum Bagi Produsen Obat Sirup Mengandung Etilen Glikol (EG) Dan Dietilen Glikol (DEG) Penyebab Ginjal Akut Progresif Atipikal (GgGAPA) Pada Anak’, Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), pp. 92–101.
Firdaus, F. (2020) ‘Pengaruh Persepsi Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Pembelian Ulang Produk Private Label Indomaret (Studi Pada Konsumen Indomaret Di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi)’, Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 9(1), pp. 1–14.
Firdaus, F. (2022) ‘Peran Media Sosial Terhadap Persepsi Dan Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik Halal Di Kota Jambi’, Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(04), pp. 970–980.
Fowles, J. et al. (2017) ‘A toxicological review of the ethylene glycol series: Commonalities and differences in toxicity and modes of action’, Toxicology Letters, 278, pp. 66–83. Available at: https://doi.org/10.1016/j.toxlet.2017.06.009.
Gunawan, Y.M. (2017) ‘Pengaruh Persepsi dan Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Dapur Kwalli (Studi Pada Konsumen Rumah Makan Dapur Kwalli Kota Tangerang)’, JMB: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 6(1). Available at: http://jurnal.umt.ac.id/index.php/jmb/article/view/993 (Accessed: 19 June 2024).
Hasina, S.N. et al. (2023) ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Kepatuhan Minum Obat Anti Tuberkulosis (OAT) pada Pasien Tuberkulosis Paru’, Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(2), pp. 453–462.
Hastuti, E.S. and Firdasannah, A. (2019) ‘Persepsi Pola Asuh Orang Tua Pada Remaja Yang Melakukan Kenakalan Di RW 06 Kelurahan Samoja Kecamatan Bantununggal Kota Bandung’, In Search, 18(1), pp. 11–22. Available at: https://doi.org/10.37278/insearch.v18i1.132.
Rahmawati, A., Nurmawati, T. and Sari, L.P. (2019) ‘Faktor yang berhubungan dengan pengetahuan orang tua tentang stunting pada balita’, Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 6(3), pp. 389–395.
Riyanto, S. et al. (2021) Media Sosial: Modal Sosial dalam Pemasaran Sayur. Universitas Brawijaya Press. Available at: https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=6TJkEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Riyanto,+S.,+Ambayoen,+M.A.,+Andriatmoko,+N.D.,+Wahyuni,+L.,+Hardana,+A.E.,+Kusuma,+B.A.,+dan+Hidayat+K.+(2021).+Media+Sosial:+Modal+Sosial+dalam+Pemasaran+Sayur.+Universitas+Brawijaya+Press.&ots=A54EcbvJ_g&sig=0NbkOA0RbWS7rbbJ8eWgFLRepko (Accessed: 19 June 2024).
Rizki, R. and Karneli, O. (2018) ‘Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Konsumen Matahari Department Store Mall Ska Pekanbaru)’, Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5(2), pp. 1–12.
Turwewi, S.W. (2018) ‘Evaluation Of Compounding Medicine Absorption And Availibility Of Drug Formula For Pediatrics Patients In Pharmacies In Kota Kupang’, CHMK Pharmaceutical Scientific Journal, 1(2), pp. 53–60.
Wittschieber, D. et al. (2019) ‘Fatal poisoning with diethylene glycol in an unusual setting’, Forensic Science, Medicine and Pathology, 15(4), pp. 649–652. Available at: https://doi.org/10.1007/s12024-019-00123-4.
Wulandari, A. and Madhani, S. (2022) ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu terhadap Swamedikasi Diare pada Balita di Jagakarsa’, Sainstech Farma: Jurnal Ilmu Kefarmasian, 15(2), pp. 71–80. Available at: https://doi.org/10.37277/sfj.v15i2.1287.
Yuswantina, R.Y. et al. (2019) ‘Hubungan Faktor Usia dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pengetahuan Penggunaan Antibiotik di Kelurahan Sidorejo Kidul’, Indonesian Journal of Pharmacy and Natural Product, 2(1). Available at: https://jurnal.unw.ac.id/index.php/ijpnp/article/view/193 (Accessed: 19 June 2024).
Zulfikar, Z., Muflikhati, I. and Johan, I.R. (2023) ‘Pengaruh Pengetahuan, Persepsi, dan Sikap Terhadap Minat Beli Rumah Berkonsep Urban Farming Makassar’, Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 9(2), pp. 570–570.
DOI: https://doi.org/10.33508/jfst.v11i2.5813