Pengendali Otomatis Kualitas Air Kolam Ikan Berbasis Wireless dengan RFM12-433S

Pius Yozy Merucahyo, Andreas Bagus Sadewo, Christin Karuru, . Martanto, A. Tri Priantoro

Abstract


Permintaan produksi ikan di pasar semakin meningkat, sehingga banyak masyarakat yang mencoba membudidayakan ikan air tawar. Untuk membudidayakan ikan, kualitas air menjadi faktor yang paling mendukung dalam perkembangan ikan. Banyak ikan yang mati karena kualitas air yang buruk dan pembudidaya ikan tidak mengetahui standar kualitas air yang baik, sehingga produksi ikan pun menjadi menurun dan pembudidaya mengalami kerugian.
Dengan adanya alat ini, penulis berharap pembudidaya ikan dapat menjaga kualitas air kolam ikan untuk mendapatkan kualitas ikan yang baik tanpa menggunakan instalasi kabel yang sulit, karena sistem ini menggunakan wireless untuk mengendalikan pintu air pada kolam. Sistem yang dibuat menggunakan ATmega128 sebagai pusat kendalinya, dan menggunakan RFM12-433S sebagai transmitter. Sistem akan mengambil data dari setiap sensor kemudian mengatur pintu air masuk kolam, pintu air keluar kolam dan pompa sumur untuk mendapatkan kualitas air yang dibutuhkan, kemudian data tersebut dapat dikirimkan ke pengguna untuk memonitoring kualitas air kolam melalui PC atau Laptop. Sumber daya yang digunakan untuk supply pusat kendali menggunakan accu.
Pengendali otomatis kualitas air kolam ikan berbasis wireless dengan RFM12-433S sudah berhasil dibuat dan dapat bekerja untuk mengatur kualitas air yang dibutuhkan. Jarak pengujian dilakukan kurang dari 30 meter untuk komunikasi wireless.
Kata kunci : kualitas air, kolam ikan, RFM12-433S

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v15i2.913