Upaya Peningkatan Daya Saing Ukm Tahu “Mulyo” Dengan Metode Blue Ocean Strategy

Rony Roesdianto, Lenny Herawati, Priska Wulan Ndari

Abstract


Kota Kediri merupakan daerah yang memiliki UKM tahu yang cukup banyak, salah satunya di wilayah Desa Bawang Kota Kediri. Namun saat ini jumlah penjualan UKM tahu di Desa Bawang mengalami penurunan sebesar 50% salah satunya UKM tahu sehingga hal tersebut menyebabkan penurunan omzet penjualan. Masalah ini disebabkan oleh persaingan yang semakin ketat dimana munculnya UKM tahu di tempat lain tetapi berada di wilayah Kota Kediri, jaringan bisnis yang lemah, keuntungan yang sangat kecil. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan saran dalam mengembangkan dan meningkatkan daya saing UKM tahu. Metodologi desain atau pendekatan yang digunakan adalah Blue Ocean Strategy untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung strategi penjualan. Temuan yang diperoleh menunjukkan adanya faktor internal dan eksternal sebagai strategi penjualan. Dengan strategi Blue Ocean, menunjukkan stok bahan baku dengan melibatkan perbankan UKM, mereka bisa menimbun bahan baku. Kurangi, dengan menurunkan harga jual sedikit, mengubah ukuran tahu sedikit lebih kecil. Meningkat, UKM bersedia menerima bantuan pinjaman modal dalam bentuk KUR, mengikuti pelatihan. Buat, pasarkan produk tahu di supermarket, beri label pada kemasan. Keterbatasan atau implikasi dari keadaan penelitian saat ini memiliki beberapa kendala yaitu persaingan yang semakin ketat, semakin banyaknya produk sejenis, perkembangan teknologi, dan semakin banyaknya usaha sejenis. Hal ini sangat mempengaruhi bisnis yang dijalankan secara konvensional maupun UKM.

 


Save to Mendeley


Keywords


UKM, Blue Ocean strategy, daya saing, strategi canvas

Full Text:

PDF

References


Azwin Adicandra. 2017. “Strategi Pengembangan Bisnis Berdasarkan Blue Ocean strategy pada PT. Inti Lautan Fajar Abadi”. Agora Vol.5

Deasy Kartika R.2021. “Model Bisnis Pasca Pandemi untuk IKM Amplang”. Jurnal Riset Teknologi Industri, 2021.

Fefi Nurdiana. 2021. “Strategi Pengembangan Business Model Canvas Pada Agroindustri Kerupuk”. Jurnal agribest Vol.5, No.2 (2021)

Gagok Setiawan, Fuad Achmadi, Prima Vitasari. 2018. “Analisis Peningkatan Penjualan Produk Kain Tenun Ikat Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD)”. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, Vol.4 No.1, Februari 2018.

Kim, W. Chan dan Renne Mauborgne. 2006. “Blue Ocean Strategy (Strategi Samudra Biru). Ciptakan Ruang Pasar Tanpa Pesaing dan Biarkan Kompetisi Tak Lagi Relevan”.

Muhammad Nur. 2021. “Usulan Strategi Pemasaran Menggunakan Blue Ocean Strategy (BOS) Pada Usaha Kecil Menengah Pempek Ogan Palembang”. Vol. 5. No.2 (2021) SPECTA Journal Technology.

Philip Kotler, Hermawan Kertajaya. 2010. “Strategi Marketing Mulai dari Produk Ke Pelanggan Ke Human Spirit”.

Ratnasari, Srikandi Kumaji, Edy Yulianto. 2016. “Penerapan Blue Ocean Strategi Dalam Upaya Menigkatkan Keunggulan Bersaing”. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 30 No.1 Januari 2016.

Rianita Puspa Sari, dkk. 2020. External Competition Strategic Analysis and Blue Ocean Strategy Management Approach. Article Information Vol.3 No.2 Desember 2020.

Tusianti, E., Prihatiningsih, D.R, & Santoso D.H. 2016. Analisis Hasil Lanjutan Potensi Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil. Badan Pusat Statistik.




DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v21i2.4223