Perbaikan Sistem Manajemen Gudang dengan Merancang Ulang Tata Letak, Sistem Penyimpanan dan Pemanfaatan Teknologi RFID

Daniel Christian Natan, Martinus Edy Sianto, Ivan Gunawan

Abstract


CV. XYZ adalah salah satu produsen cone paper yang menggunakan sistem penataan random based-storage, dan penelusuran bahan baku juga hanya berda sarkan pada ingatan para petugas gudang. Permasalahan lain yang dihadapi adalah pencarian material menjadi lama, total jarak perpindahan menjadi tidak optimal, dan selalu merasa kekurangan ruang di gudang. Berdasarkan masalah tersebut peneliti akan melakukan perbaikan tata letak gudang, perancangan sistem rak yang yang spesifik untuk industri cone paper, dan peningkatan sistem informasi persediaan dengan pemanfaatan teknologi RFID. Ketiga aspek tersebut: tata letak, sistem rak, dan sistem informasi persediaan; perlu dilakukan secara simultan karena ketiga aspek tersebut saling terkait. Perbaikan tata letak gudang bahan baku usulan menggunakan metode class based storage, di mana bahan baku dikelompokkan berdasarkan kesamaan jenis. Perbaikan tersebut dapat menghemat jarak perpindahan sejauh 38,5%, mempercepat proses pencarian, dan mempermudah proses loading/unloading. Pada desain rak gulungan usulan akan mampu menjalankan aturan FIFO, mempercepat pencarian bahan baku gulungan, dan mengurangi risiko kerusakan akibat tertumpuk dan disimpan terlalu lama. Pada sistem informasi usulan yang didukung dengan sistem identifikasi akan mampu mempercepat serta mengurangi kesalahan perhitungan dan pencatatan bahan baku akibat human error, dan juga mempercepat proses pembuatan laporan dan pencarian bahan baku.

Save to Mendeley


Keywords


Tata Letak Gudang, Class Based Storage, Rak Penyimpanan Gulungan, Sistem Identifikasi RFID

Full Text:

PDF

References


Aliudin, T. M. A., Ilhami, M. A., dan Febianti, E. (2015). Usulan perbaikan tata letak gudang produk drum oli menggunakan metode dedicated storage di pt xyz, Jurnal Teknik Industri Untirta, 3(1).

Efrataditama, A. V. dan Wigati, S. S. (2016). Perancangan tata letak gudang dengan metode dedicated storage di toko listrik anugrah jaya,

Erwin. (2004). “Tugas proyek mata kuliah keamanan sistem informasi : rfid”. Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Francis, Richard. L, dkk. (1992). Facility layout and location, An Analytical Approach, Prentice Hall.

Hadi, M., & Fajar Suryawan, S. T. (2018). Perancangan prototype penyortiran barang otomatis di gudang peralatan alat tulis, Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Haming, M. dan Nurnajamuddin, M. (2011). Manajemen produksi modern, Buku 1, ed.2, Jakarta : Bumi Asara.

Hari, P. (2004). Perencanaan dan perancangan fasilitas edisi ke – 1, Graha Ilmu, Jogyakarta.

Heizer, J. dan Render, B. (2009). Manajemen Operasi, Buku 1, ed.9, Jakarta : Salemba Empat.

Herjanto, E. (2007). Manajemen operasi (edisi 11), PT Gramedia Widia Sarana Indonesia, Jakarta.

Hidayat, D. (2002). Metodologi penelitian dalam sebuah "multi-paradigm science". Jurnal Komunikasi, 3(2), 197-220.

Johan, J., dan Suhada, K. (2018). Usulan perancangan tata letak gudang dengan menggunakan metode class-based storage (studi kasus di pt heksatex indah, cimahi selatan), Journal of Integrated System, 1(1), 52-71.

Juliana, H., dan Handayani, N. U. (2018). Peningkatan kapasitas gudang dengan perancangan layout menggunakan metode class-based storage, J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 11(2), 113-122.

Kristianto, J., Utomo, D., Yohanes, B. W., dan Nugroho, S. (2018). Prototipe sistem pencatatan keluar masuk barang menggunakan rfid iso 18000-6 dan pembayaran menggunakan nfc iso 14443a, Techné: Jurnal Ilmiah Elektroteknika, 17(01), 1-6.

Lambert, M. (2001). Supply chain metrics, The International Journal of Logistic Management.

McLeod Jr, R. dan Schell, G. P. (2008). Sistem informasi manajemen edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Nasution, A. H. dan Prasetyawan, Y. (2008). Perencanaan dan pengendalian produksi, Edisi pertama, Yogyakarta:Graha Ilmu.

Novarianto, F. (2017). Usulan perbaikan tata letak gudang distribusi dengan metode class based storage (studi kasus: pt. Budimas makmur mulia, surakarta), Doctoral dissertation, Universitas Setia Budi Surakarta.

Purnomo, H. (2004). Perencanaan dan perancangan fasilitas, I. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Putri, A. K. (2017). Perancangan racking system dan tata letak gudang barang jadi (finished goods warehouse di PT. PTS (prakasa trada solusi), (Doctoral dissertation, Fakultas Teknik)




DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v20i2.2653