Perbandingan Metode ANP Dan AHP Dalam Pemilihan Jasa Kurir Logistik Oleh Penjual Gadget Online

Albert Julius Olanta, Martinus Edy Sianto, Ivan Gunawan

Abstract


Gaya hidup masyarakat utamanya di kota-kota besar dengan rutinitas pekerjaan yang banyak menyita waktu dan tenaga menyebabkan sebagian orang lebih suka berbelanja secara online. Keuntungan utama dari berbelanja online adalah harga barang yang cenderung lebih murah karena pedagang dapat menekan biaya operasional serta harga dapat dikomparasikan dengan cepat oleh pembeli. Selain itu, jarak tidak lagi menjadi hambatan dalam berbelanja. Pada setiap transaksi barang secara online membutuhkan dukungan dari jasa kurir logistik untuk mengirimkan. Perusahaan jasa kurir logistik besar yang mampu menangani pengiriman antar kota dan antar provinsi diantaranya adalah Tiki, JNE, J&T, dan PT. Pos Indonesia. Untuk menangani barang yang mahal dan cukup rentan perlu banyak kriteria dan ketelitian didalam memilih jasa logistik.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi pelanggan dalam memilih jasa kurir. Dengan metode ANP dan AHP dapat diketahui bahwa jasa kurir yang terbaik untuk pengiriman gadget di kota Surabaya adalah ekspedisi JNE dengan faktor yang paling berpengaruh diurutkan mulai dari yang terpenting adalah Ketepatan Waktu, Keamanan Pengiriman, dan Jaminan Ganti Rugi

Save to Mendeley


Full Text:

PDF

References


Azis, I., J. (2003). Analytic Process With Feedback Influence: A New Approach to Impact Study. University of Illinois.

Bernadus, Ricky. (2018). Pemilihan vendor pengiriman barang di PT. Energy Logistics Manado dengan menggunakan metode Analytical Network Process. Universitas Katolik Parahyangan.

Ekawati, R., Trenggonowati, D. L., Aditya, V. D. (2018). Penilaian Performa Supplier Menggunakan Pendekatan Analytic Network Process. Journal Industrial Services Vol. 3, No.2.

Hajar, D., Arifin, S. P. (2015). Analisis Pengambilan Keputusan Pemilihan Perusahaan Penyedia 3PL di Pekanbaru. Jurnal Komputer Terapan, Vol 1, No.2, pp. 85-94.

Indrajit, Ricardus. (2001). E-commerce Kiat dan Strategi di Dunia Maya. Jakarta: PT. Elex Media Komputerindo.

Kaluku, M. R., Pakaya Nikmasari. (2017). Penerapan Perbandingan Metode AHP-TOPSIS dan ANP-TOPSIS Mengukur Kinerja Sumber Daya Manusia di Gorontalo. ILKOM Jurnal Ilmiah Vol 9. No. 2.

Koleangan. (2004). Sistem Petikemas. STMT Trisakti, Jakarta.

Ligar, B., Banowosari, L. Y. (2017). Pemilihan Jasa Pengiriman Produk Pada E-Commerce Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). UG Jurnal vol. 11, No. 8

Mentzer, J.T., Flint, D.J, and Hult, G.T.M. (2001). Logistic service quality asa segment-customized process. Journal of marketing, 65(4), pp.82-104.

Prasetyo, F.A. (2017). Analisis Perbandingan Service Quality antara JNE dan J&T Ekspress. Jurnal Strategi Pemasaran vol 4, No.2.

Rafele, C. (2004). Logistic service measurement: a reference framework. Journal of Manufacturing Technology Management, 15(3), pp.280-290.

Rinawati, D., Handoko, M. (2015). Integrasi Metode Analytical Network Process dan Technique For Others Preference By Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dalam Menentukan Prioritas Supplier Bahan Baku (Studi kasus PT. Nyoya Meneer Semarang). Jurnal Teknik Industri, vol. 10, no. 1, pp.7-18.

Saaty, T. L. (1994). The Fundamentals of Decision Making and Priority Theory With the Analytic Hierachy Process, RWS Publication, Pittsburgh.

Saaty, T. L. (1998). Multicriteria Decision Making The Analytic Hierarchy Process. United States of America.

Saaty, T. L. (1999). Fundamental of Decision making: The Analytic Hierarchy Process.. Pittsburgh: RWS Publication, 4922 Ellsworth Ave.

Saaty, T. L. (1999). Fundamental of the analytic network process. Pittsburgh: ISAHP, Kobe.

Saaty, T. L. (2001). Decision Making with Dependence and Feedback: The Analytic Network Process (second ed.). Pittsburg, USA: RWS Publication, 4922 Ellsworth Ave.

Saaty, T. L. (2004). Fundamental of the analytic network process and feedback in decision-making with a single network. Pittsburgh: RWS Publication.

Sabatini L.N., Ardiana I. M., Praseyta O. (2017). Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Freight Forwarding. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik 3, pp.299-308

Sarkis, J. (2003). A Strategic Decisioon Framework for Green Supply Chain Management Literatur. Eluivire Ltd.

Saura, I. G., Frances, D. S., Contri, G. B., dan Blanco, M. F. (2008). Logistics Service Quality: A New Way to Loyalty. Industrial Management and Data Systems, Vol. 108 (5), pp. 650-668

Shin S.Y., Pak M.S. (2016). The Critical Factors for Korea Freight Forwarder Purchasing Negotiation in International Logistics. Asian Journal of Shipping and Logistics 32(4):195-201

Somasundaram B., Krishnamorrty. (2013). Customer Behaviour of Courier Service in Erode District. Indian Journal of Research 2(1).

Steven, M. L. (2014). Discrete choice Model for Air-Cargo Mode Selection. The International Journal of Logistics Management 25(3):656-672.

Tjiptono, Fandy & Chandra, Gregorius. (2011). Service, quality & satisfaction. (3rd ed). Yogyakarta: Andi Offset

Vinsensia, Desi. (2014). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Pelayanan Jasa Pengiriman Paket (Kurir) Dengan Menggunakan Metode Topsis Fuzzy. Jurnal Pelita Nusantara Vol. 16, No.2.

Wiwoho, Adhi. (2014). Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Analytic Network Process di PT. Harvita Tisi Mulia Semarang. Universitas Dian Nuswantoro.

Wulan A., Hendrawan B. (2018). Analisis Pemilihan Jasa Forwarder dengan Menggunakan Metode AHP di PT.XYZ. Journal of Applied Business Administration.

Wulandari P. F., Arvianto, A. (2016). Pemilihan Jasa Ekspedisi Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Universitas Diponegoro.

Yamit, Z. (2013). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia

Yurdakul, M. (2002). Measuring a Manufacturing System Performance Using Saaty’s System with a feedback approach. Integrated Manufacturing System, Vol.13




DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v18i2.2275