Mengendalikan Kamera IP dengan Menggunakan Handphone Berbasis Android

Lucas de Jesus Silva, Andrew Joewono, Antonius Wibowo

Abstract


Android merupakan sebuah sistem operasi yang tengah berkembang saat ini. Dengan adanya teknologi ini setiap orang dapat membuat aplikasi sendiri pada ponsel berbasis Android. Beranjak dari hal tersebut, kini dapat dibuat suatu aplikasi yang dapat menggerakkan beberapa kamera IP yang tidak dilengkapi dengan fasilitas penggerak, yakni kamera IP D-Link DCS-910. Alat ini digunakan sebagai penggerak untuk memantau keadaan suatu area melalui perangkat mobile pada jarak yang jauh.
Alat ini terdiri dari: 2 buah motor servo, modul Wiznet110SR, sistem minimum mikrokontroler ATMega8, wireless router, kamera IP D-Link DCS-910, dan pengendali handphone Android. Handphone digunakan sebagai tempat untuk mengendalikan arah pergerakan dari kamera IP, dan memberikan perintah pengendalian. Untuk interface antara handphone dan kamera IP menggunakan Handphone berbasis Android. Kamera IP akan digerakkan oleh 2 buah motor servo. Perintah untuk menggerakkan motor servo dikirim secara serial ke mikrokontroler. Kamera IP yang terpasang pada motor servo akan bergerak mengikuti perintah yang dikirim oleh handphone Android. Hasil gambar yang diambil oleh kamera IP tersebut akan dikirim melalui wifi, dan ditampilkan pada handphone Android.
Dari hasil pengukuran, dan pengujian, dapat disimpulkan bahwa handphone Android sudah dapat mengontrol arah gerak dari motor servo, dan juga dapat menampilkan gambar dari kamera IP.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v12i1.1440