Perancangan Sistem Pengontrolan Level Pada Steam Drum Waste Heat Boiler Berbasis Adaptive Network Fuzzy Inference System (ANFIS)

Theresia Yuliati

Abstract


Unit boiler sangatlah penting pada industri pupuk seperti di PT. Petrokimia Gresik, khususnya dalam produksi steam. Kualitas steam yang dihasilkan steam sangat dipengaruhi oleh aliran gas buang panas yang dihasilkan dari pembakaran di dalam turbin gas dan juga dipengaruhi oleh level dari drum itu sendiri. Untuk bisa menghasilkan kualitas steam yang baik, maka berbagai parameter di dalamnya harus dapat dikontrol dengan baik, mengingat karakteristik dinamiknya yang sering berubah menyesuaikan beban proses yang ada. Salah satu komponen kontrol yang penting adalah High Pressure Steam Drum (HP drum). Parameter kontrol yang harus dijaga dengan baik adalah level air pada steam drum.
Oleh karena itu dalam penelitian ini, dengan memperhatikan struktur agar tidak terlalu mengganggu sistem yang telah ada, maka ditawarkan solusinya menggunakan kontrol adaptif yaitu dengan merancang suatu sistem pengontrolan level pada steam drum waste heat boiler berbasis neuro fuzzy jenis Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS).
Berdasarkan hasil simulasi dan pengujian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pemodelan sistem berbasis pada neuro fuzzy dengan 3 masukan, 1 keluaran serta model dinamika invers plant pada HP steam drum telah menunjukkan hasil yang cukup baik. Selain itu performansi pengontrol neuro fuzzy dalam kecepatan beradaptasi dan kemampuan belajar cukup baik dalam mengejar set point .

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v9i2.1417