Perancangan Alat Penuang Polypropylene dan Polyethylene yang Ergonomis ke Mesin Injection Moulding PT. Rajawali Plastick

Daniel Antono, Hadi Santosa, Julius Mulyono

Abstract


PT. Rajawali Plastick merupakan perusahaan yang bergerak di industri plastik. Perusahaan ini terletak di Jalan Kyai Tambak Deres 63A, Surabaya. Dalam usahanya untuk dapat semakin berkembang, perusahaan ini berusaha untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan kerja bagi pekerja. Selama ini kondisi kerja yang ada kurang dapat memuaskan pekerja. Kondisi ini mengakibatkan pekerja merasa cepat lelah dan keselamatan kerja juga tidak terjamin.
Dari analisis yang dilakukan terhadap kuesioner nordic body map dan data lain seperti data denyut nadi serta besar energi yang dikeluarkan oleh pekerja, maka dapat ditemukan permasalahan-permasalahan dalam perusahaan, sehingga dapat dirancang perbaikan untuk pekerja. Perbaikan tersebut berupa perancangan alat penuang polypropylene dan polyethylene yang ergonomis ke mesin injection moulding. Dengan adanya perancangan dan implementasinya diharapkan pekerja dalam melaksanakan tugasnya dapat merasa nyaman dan semangat.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v7i1.1265