PELATIHAN PUBERTY READINESS EDUCATION BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Pubertas merupakan periode kematangan fisik yang meliputi hormon dan perubahan di dalam tubuh yang memiliki peranan utama dalam tahap remaja. Pendidikan mengenai pubertas perlu diberikan pada remaja agar remaja memahami perilaku-perilaku yang sesuai dengan kondisi pubertas yang dialaminya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan mengenai kesiapan menjalani masa pubertas dengan judul “puberty readiness education” yang dilakukan pada 317 siswa di SMPK Santa Agnes Surabaya. Pelatihan diberikan dalam tiga sesi yang meliputi penjelasan mengenai masa pubertas, tantangan yang dihadapi pada masa pubertas dan tindak lanjut yang akan dilakukan terkait dengan masa pubertas. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa mengenai masa pubertas sesudah mendapatkan pelatihan “Puberty Readiness Education”. Sebagian besar siswa berpendapat bahwa pelatihan ini bermanfaat bagi mereka (99,1%) dan siswa juga berpendapat bahwa materi pelatihan ini mudah dipahami oleh mereka (99%). Saran pengembangan bagi kegiatan selanjutnya adalah adanya evaluasi mengenai perilaku terkait pubertas setelah mendapatkan pelatihan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Collier-Harris, C. A., & Goldman, J. D. G. (2017). What educational contexts should teachers consider for their puberty education programmes? Educational Review, 69(1), 118–133. https://doi.org/10.1080/00131911.2016.1183592
Crockett, L. J., Deardorff, J., Johnson, M., Irwin, C., & Petersen, A. C. (2019). Puberty Education in a Global Context: Knowledge Gaps, Opportunities, and Implications for Policy. Journal of Research on Adolescence, 29(1), 177–195. https://doi.org/10.1111/jora.12452
Feldman, R. S. (2015). Essentials of Understanding Psychology. New York: McGraw-Hill.
Olson, M. H., & Hergenhahn, B. R. (2013). An Introduction to Theories of Learning (9th. ed.). London: Routledge-Taylor & Francis.
Pallant, J. (2016). SPSS survival manual—A step by step guide to data analysis using IBM SPSS. Maidenhead: Open University Press – McGraw Hill, Inc.
Santrock, J. . (2011). Life-Span Development (11th ed.). McGraw-Hill Publishing Company.
Seniati, L., Yulianto, A., Setiadi, B.N. (2005). Psikologi Eksperimen. Jakarta : PT. Indeks Gramedia
Aranya, K. dan Ferris, T., (1983), Organizational-professional conflict among U.S. and Israeli professional accountants, Journal of Social Psychology, Vol 119 No 2, page 153-161.
Cohen, A., dan Yardena, K., (2004), Professionalism and organizational citizenship behavior: An empirical examination among Israeli. Journal of Managerial Psychology, Vol 19 No 4, page 123-146.
Cohen, J. R. dan Single, L. E., (2001), An examination of the perceived impact of flexible work arrangements on professional opportunity, Journal of Business Ethics, Vol 32 No 4, page 35-48.
Ghozali, I., (2011), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v7i2.6252
Copyright (c) 2025 Agustina Engry, Ermida Simanjuntak, Happy Cahaya Mulya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.