Pendampingan Product Improvement dan Business Development bagi UMKM Desa Ngrambe, Ngawi
Abstract
Pembangunan berkelanjutan diwilayah pedesaaan menjadi fokus utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tanpa mengorbankan keberlanjutan lingkungan. Penelitian ini menyoroti pelaksanaan program Community Engagement for Development (CED) 2024 di Desa Ngrambe, Ngawi, Jawa Timur, yang bertujuan memberdayakan UMKM lokal melalui pendekatan berbasis Participatory Action Learning and Action Research (PALAR). Desa Ngrambe memiliki potensi besar di sektor pertanian dan kuliner, namun menghadapi kendala seperti keterbatasan akses pasar, produksi, promosi, dan pencatatan keuangan. Program CED melibatkan mahasiswa lokal dan internasional untuk berbagi pengetahuan tentang product improvement, pengembangan usaha, dan strategi pemasaran yang berbasis teknologi. Tahapan program mencakup survei kebutuhan, workshop dan seminar persiapam, live-in, dan pendampingan intensif kepada UMKM. Hasilnya menunjukkam peningkatan signifikan, termasuk inovasi kemasan, efisiensi produksi, dan pengembangan branding produk. Studi ini menggarisbawahi pentingnya kolaborasi multidisipliner dalam memberdayakan UMKM untuk meningkatkan daya saing, keberlanjutan usaha, dan kesejahteraan komunitas pedesaan.
Kata Kunci: pemberdayaan masyarakat, UMKM, pembangunan berkelanjutan, product improvement, pengembangan bisnis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, D. A., Erwita, M. A., Mokoginta, D. D., Memarista, G., Sancoko, A. H., Sulistyo, A. P., Kristina, N., Mawasti, A., & Kristyanto, V. S. (2022). COMMUNITY ENGAGEMENT FOR DEVELOPMENT: GEN Z AS THE AGENT OF INNOVATION TO ACHIEVE SDGs. Peka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 159–170. https://doi.org/10.33508/peka.v5i2.4437
Antoni, M., Nilsso-Witell, L., & Dahlgaard, J J. 2005. Inter-project improvement in product development. International Journal of Quality & Reliability Management, Vol. 22 No. 9, pp. 876-893. https://doi.org/10.1108/02656710510625194
Kim, Y.-H., Park, S.-W. and Sawng, Y.-W. (2016), "Improving new product development (NPD) process by analyzing failure cases", Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, Vol. 10 No. 1, pp. 134-150. https://doi.org/10.1108/APJIE-12-2016-002
Kristyanto, V. S., et al. (2023). Community Cultural Tourism: Linking Religious Tourism, Karawitan, and Local Business in Puhsarang, Kediri. Journal of Interdisciplinary Socio-Economic and Community Study, Vol. 03, No. 3, pp 76-85. Universitas Brawijaya. http://dx.doi.org/10.21776/jiscos.03. 2.04
Wibowo, Y. K., Mawasti, A., & Runtu, J. (2023). Pengaruh Fitur Iklan Media Sosial Terhadap Niat Pembelian Melalui Keterlibatan Merek Pada Kfc Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen : JUMMA, 12(1), 27–39. https://doi.org/10.33508/jumma.v12i1.4717
Yuniarto, A., Mawasti, A., Memarista, G., Agung, D. A., Setyawan, A. A., Kristanto, V. S., & Jonathan, N. (2023). Ukwms’ Community Engagement for Development: Promoting Economic Growth Through Product Development and Digital Marketing At Puhsarang Kediri. Peka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 200–209. https://doi.org/10.33508/peka.v6i2.5245
DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v7i2.6234
Copyright (c) 2025 Alpi Mawasti, Visi Saujaningati Kristyanto, Gesti Memarista, Deatri Arumsari Agung, Dirgantara Dahana Mokoginta, Aldo Hardi Sancoko, Nyana Vaddhano, Eric Sulindra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.