PENERAPAN TEKNIK PEMASARAN MEDIA SOSIAL PADA UKM MEBEL JATI DI BOJONEGORO

Purnomohadi Sutedjo, Wahyudi Wibowo, Tigor Tambunan, Irene Karijadi, Patrisius Marcellino Kristianto, Nathanael Billy Hartono

Abstract


Industri mebel dan kerajinan di Jawa Timur, yang merupakan sektor padat karya, memiliki potensi besar untuk berkembang. Namun, berbagai kendala menghalangi pertumbuhan UKM di sektor ini. Untuk membantu UKM meningkatkan daya saingnya di pasar, diperlukan upaya dari berbagai pihak. Sebagian besar masalah yang dihadapi UKM dalam industri mebel dan kerajinan di Jawa Timur adalah kurangnya kemampuan untuk mendukung proses produksi, desain produk, manajemen usaha, dan pemasaran. Seiring perkembangan teknologi digital, penerapan pemasaran media sosial (social media marketing) dipandang tepat bagi upaya memperoleh kepercayaan pembeli dan memperluas pangsa pasar. Kinerja penjualan UKM mebel dan kerajinan dapat menurun bila hanya mengandalkan teknik pemasaran konvensional, seperti melalui pameran dan penjualan langsung. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan membantu Sinarmas Mas Art, pelaku UKM mebel jati di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, untuk menerapkan teknik-teknik pemasaran media sosial guna meningkatkan brand awareness dan penjualan produk. Kegiatan abdimas diawali dengan pertemuan dengan mitra program untuk memahami keunggulan produk serta segmentasi dan target pasar. Selanjutnya, mitra mendapatkan penyuluhan pengembangan strategi dan perencanaan pemanfaatan platform media sosial Instagram sebagai media promosi. Selain membantu penyiapan IG Ad Schedule, tim abdimas juga membantu menyiapkan konten foto, video, dan deskripsi konten untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan produk pada sebuah event pameran yang diikuti mitra program di Kota Bandung. Pada akhir pelaksanaan program, mitra program juga memperoleh penyuluhan tentang teknik evaluasi efektivitas promosi di IG Ad. Program abdimas ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra pelaku UKM dalam menerapkan teknik-teknik pemasaran media sosial untuk memperluas cakupan pasar.

Keywords


Mebel; Kerajinan; Social Media Marketing; UKM

Full Text:

PDF

References


Al-Abdallah, G. M., Dandis, A. O., & Al Haj Eid, M. B. (2022). The impact of Instagram utilization on brand management: an empirical study on the restaurants sector in Beirut. Journal of Foodservice Business Research, 27(3), 287319. https://doi.org/10.1080/15378020.2022.2083910.

Antara News. (25 Agustus 2023). HIMKI Jatim: Industri mebel mulai punya peluang di pasar domestik. Diakses dari: https://jatim.antaranews.com/berita/726594/himki-jatim-industry-mebel-mulai-punya-peluang-di-pasar-domestik

Arifin, S. (2021). Strategi UKM Mebel Menembus Ekspor. UNISNU Press.

Bonilla-Quijada, M., Olmo-Arriaga, J. L. D., Adreu Domingo, D., & Ripoll-i-Alcon, J. (2024). Fast fashion consumer engagement on Instagram: a case study. Cogent Business & Management, 11(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2322111.

Febriyantoro, M.T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), pp. 6176. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Lasa, V.D., Wibowo, W., Gunawan, E.T., Sutedjo, P. (2023). Does Customer Engagement Behaviour Develop New Customer Base in Indonesia? Evidence from An Eco-Friendly Global Fashion Brand. European Journal of Business and Management, 15(6), pp. 18-37.

Prasojo, A. & Aliami, S. (2024). Application of Content Marketing in Building Brand Awareness on Instagram. Journal of Management and Creative Business, 2(2), 103113. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v2i2.2284

Rosmadi, M.L.N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. IKRA-ITH EKONOMIKA, 4(1), pp. 122127.

Salunke, P. dan Jain, V. (2022), "Instagram Marketing (20152021): A Review of Past Trends, Implications, and Future Research", Rana, S., Sakshi and Singh, J. (Ed.) Exploring the Latest Trends in Management Literature (Review of Management Literature, Vol. 1), Emerald Publishing Limited, Leeds, pp. 129-146. https://doi.org/10.1108/S2754-586520220000001007

Saura, J. R., Ribeiro-Soriano, D., & Palacios-Marqus, D. (2021). Setting B2B Digital Marketing in Artificial Intelligence-based CRMs: A review and directions for future research. Industrial Marketing Management, 98, pp 161178. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2021.08.006.

Sianadewi, J.H., Widyarini, L.A., Wibowo, W. (2017). Pengaruh Perceived Social Presence, Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, dan Attitude Towards Online Shopping Terhadap Niat Beli pada Jakarta Notebook.com, Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 6(2), pp. 104-115.

Singh, N., Jaiswal, A. dan Singh, T. (2023), "Best time to post and review on Facebook and Instagram: analytical evidence", South Asian Journal of Marketing, Vol. 4 No. 2, pp. 128-141. https://doi.org/10.1108/SAJM-09-2022-0059

Stojanov, M. (2021). ATL, BTL, and TTL Marketing Support in the Sales, University of Economics, Varna, Bulgaria.

Suliswanto, M.S.W., & Rofik, M. (2019). Digitalization of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in East Java, Indonesia. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business, 2(1), pp. 3443.

Sutedjo, P., Christiananta, B., & Koesmono, T. (2018). Effect of Leadership Strategic, Entrepreneurship, Organizational Culture, and Organizational Reputation on Performance Transformer Company in Indonesia. International Journal of Advanced Research, 6(9), pp. 1001-1011.

Wijaya, C.S. (2016). Kapabilitas Pemasaran dalam Memasarkan Produk di Pasar Internasional (Studi Pada Anugrah Timbers Salatiga). Tidak dipublikasikan. Diakses dari https://repository.uksw.edu/handle/123456789/21195.




DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v7i2.5965

Copyright (c) 2025 Purnomohadi Sutedjo, Wahyudi Wibowo, Tigor Tambunan, Irene Karijadi, Patrisius Marcellino Kristianto, Nathanael Billy Hartono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.