Efektivitas terapi menulis ekspresif pada mahasiswa rantau Fakultas Psikologi UNMER Malang yang mengalami kecenderungan kecemasan sosial

Levia Fenoariyusta Mardatari, Deasy Christia Sera, Lukman Hakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi menulis ekspresif pada mahasiswa rantau Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malang yang mengalami kecenderungan kecemasan sosial. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen one group pretest-posttest design. Subjek pada penelitian ini adalah 10 mahasiswa rantau yang mengalami kecenderungan kecemasan sosial tingkat tinggi yang didapatkan menggunakan sampel jenuh. Hasil analisis data menggunakan Uji Wilcoxon menunjukkan adanya penurunan signifikan pada tingkat kecenderungan kecemasan sosial setelah diberi perlakuan, dengan rata-rata penurunan sebesar 5.50 dan nilai signifikansi sebesar 0.005 (sig. 0.005<0.05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima, yaitu terapi menulis ekspresif efektif pada mahasiswa rantau Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malang yang mengalami kecenderungan kecemasan sosial.


Keywords


Kecemasan sosial, Mahasiswa Rantau, Psikologi, Terapi Menulis Ekspresif

Full Text:

PDF

References


Amalia, R., Srisayekti, Wilis., & Moeliono, M. F. (2015). Gambaran kecemasan sosial berdasarkan liebowitz social anxiety scale (lsas) pada remaja di Jatinangor. https://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/Gambaran-Kecemasan-Sosial-Berdasarkan-Liebowitz-Social-Anxiety-Scale.pdf

American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: DSM-5-TR / American Psychiatric Association. American Psychiatric Association.

Cholifatin, N., Murdiana, S., & Zainuddin, K. (2021). Hubungan antara egosentrisme dengan kecemasan sosial pada mahasiswa baru: Relationship between egocentrism with social anxiety in new student. PINISI: Journal of Art, Humanity & Social Studies, 1(6), 5562.

Deviyanthi, N. M. F., & Widiasavitri, P. N. (2016). Hubungan antara self-efficacy dengan kecemasan komunikasi dalam mempresentasikan tugas di depan kelas. Jurnal Psikologi Udayana, 3(2), 342-353.

Haq, R. I. (2022). Efektivitas terapi menulis ekspresif untuk menurunkan kecemasan sosial pada korban kekerasan di Kota Probolinggo [Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/47614/

Hayati, S. I. (2018). Hubungan gaya kelekatan dan harga diri dengan kecemasan sosial pada siswa kelas x di sekolah SMA Negeri 14 Medan [Skripsi, Universitas Medan Area]. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/13642/1/161804034%20-%20Syafdina%20Ismie%20Hayati%20-%20Fulltext.pdf

Idamayanti, B. (2019). Penerapan teknik expressive writing untuk menurunkan stres akademik siswa di SMP Negeri 1 Makassar [Skripsi, Universitas Negeri Makassar]. http://eprints.unm.ac.id/25179/1/IDAMAYANTI%20BJ.pdf

Izzah, N., Sari, H., & Marthoenis. (2021). Tingkat kecemasan pada mahasiswa rantau di Aceh. Jurnal Ilmu Keperawatan, 9(2), 21-28.

Jatmiko, A. (2016). Sense of place dan social anxiety bagi mahasiswa baru pendatang. Konseli: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2).

La Greca, A. M., & Lopez, N. (1998). Social anxiety among adolescents: linkages with peer relations and friendships. Journal of Abnormal Child Psychology, 26(2), 8394. https://doi.org/10.1023/A:1022684520514

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2003). Psikologi abnormal (R. Medya & W. C. Kristiaji, Eds.; 5th ed.). Erlangga.

Pennebaker, J. W. (1997). Writing about emotional experiences as a therapeutic process. Psychological Science, 8(3), 162166. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1467-9280.1997.tb00403.x

Pennebaker, J. W., & Chung, C. K. (2007). Expressive writing, emotional, upheavals, and health. New York: Oxford University Press. https://www.researchgate.net/publication/253937612_Expressive_Writing_Emotional_Upheavals_and_Health

Pennebaker, J. W., & Evans, J. F. (2014). Expressive writing words that heal. Ildyr Arbor.

Pratiwi, D., Mirza, R., & Akmal, M. El. (2019). Kecemasan sosial ditinjau dari harga diri pada remaja status sosial ekonomi rendah. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 9(1), 2134.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 79117915. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Sigarlaki, M. A., & Nurvinkania, A. A. (2022). Hubungan kecemasan sosial dengan pengungkapan diri dalam hubungan pertemanan. Humanitas, 6(3), 345362.

Tampubolon, J. Y. (2019). Pengaruh terapi expressive writing terhadap penurunan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa smp Satu Padu Tiga Juhar tahun 2019 [Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth]. https://repository.stikeselisabethmedan.ac.id/wp-content/uploads/2019/08/JUNI-YANTI-TAMPUBOLON-032015025.pdf




DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v7i2.5853

Copyright (c) 2025 Levia Fenoariyusta Mardatari, Deasy Christia Sera, Lukman Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.