PENDAMPINGAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK PENGEMBANGAN PARIWISATA PULAU SEMAU NUSA TENGGARA TIMUR

Sari Angriany Natonis, Emilia Gie, Junita Cestilia Nenabu, Arjuna Purba

Abstract


Pulau Semau sebagai salah satu daerah tujuan wisata yang berdaya saing di Provinsi Nusa Tenggara Timur, namun masyarakat di Pulau Semau cenderung pasif terhadap potensi pariwisata yang dimiliki, hal ini terlihat dari masih jarangnya masyarakat local yang terlibat dalam penyediaan jasa maupun produk untuk ditawarkan kepada pengunjung. Hal ini juga disebabkan karena karena lemahnya kemampuan pelaku usaha dari masyarakat lokal dalam mengelola dan mengembangkan produk dan jasa, baik dari sisi manajemen maupun kualitas produknya. Oleh karena itu, pemberdayaan masyarakat melalui pendampingan untuk pengembangan sektor pariwisata di Pulau Semau diharapkan dapat membantu peningkatan kapasitas masyarakat terutama sebagai aktor utama dalam pengelolaan potensi wisata di Pulau Semau. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan memberikan sosialisasi sadar wisata dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat keterlibatan mereka dalam pengelolaan potensi wisata yang dimiliki oleh desa mereka. Kemudian diberikan sosialisasi dan praktik pengolahan produk wisata berbasis kearifan local, serta sosialisasi tentang marketing, packaging, dan labeling produk sebagai buah tangan bagi wisatawan.


Save to Mendeley


Keywords


Pemberdayaan, Pengembangan, Masyarakat, Pariwisata.

Full Text:

PDF

References


Alamineh, G. A., Hussein, J. W., Endaweke, Y., & Taddesse, B. (2023). The local communities’ perceptions on the social impact of tourism and its implication for sustainable development in Amhara regional state.

Heliyon, 9(6), e17088. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e17088

Elements, B. (2003). Branding, packaging and labelling. Australian Journal of Pharmacy, 84(1003), 773.

Gunawijaya, J., & Pratiwi, A. (2018). How Local Community Could Contribute to the Tourism Development in Rural Area? KnE Social Sciences, 3(11), 826. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.2809

Hutchins, D. A., & Hurley, R. A. (2024). A systematic review of articles influencing United States retail cheese packaging, labeling, and market trends related to cheese in the marketplace and cheese during consumption. Journal of Dairy Science. https://doi.org/10.3168/jds.2023-23977

Kaho, N. R. (2019). Kajian Bentang Alam Semau. August, 33–34.

M, D. K. (2020). Role of Packaging in Marketing Produckt and Organisation. April 2006.

Marliana Nurani, L., Dwipantara Putra, B., Handayani Sukaemi, L., & Ardianto, P. (2022). Pengembangan Potensi Pedesaan DIY Melalui Pelatihan Pembuatan Paket Wisata Budaya Upacara Wiwitan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6.11993

Mujanah, S., Ratnawati, T., & Andayani, S. (2015). The strategy of tourism village development in the hinterland Mount Bromo, East Java. Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, 18(1), 81. https://doi.org/10.14414/jebav.v18i1.385

Ndivo, R. M., & Cantoni, L. (2016). Rethinking local community involvement in tourism development. Annals of Tourism Research, 57, 275–278. https://doi.org/10.1016/j.annals.2015.11.014

Rusyidi, B., & Fedryansah, M. (2019). Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3), 155. https://doi.org/10.24198/focus.v1i3.20490

Saufi, A., O’Brien, D., & Wilkins, H. (2014). Inhibitors to host community participation in sustainable tourism development in developing countries. Journal of Sustainable Tourism, 22(5), 801–820. https://doi.org/10.1080/09669582.2013.861468

Shimray, S. R. (2019). Ways to create awareness on cultural heritage: An overview. Library Philosophy and Practice, 2019(May).

Tancharoen, S. (2023). The Study of Community Potential for Local Wisdom Product Development in U-thong, Suphanburi Province. Journal of Multidisciplinary in Social Sciences, 19(1), 72–83.

van Niekerk, M., & Saayman, M. (2013). The influences of tourism awareness on the travel patterns and career choices of high school students in South Africa. Tourism Review, 68(4), 19–33. https://doi.org/10.1108/TR-09-2013-0049




DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v7i1.5629