INOVASI KEMASAN PRODUK DAN PELABELAN UNTUK MENCIPTAKAN NILAI TAMBAH PADA PRODUK CWIE MIE DI DESA PLINTAHAN

Afifatus Sholikhah, Khoiyum Putri Rahayu, Cynthia Eka Violita

Abstract


Permasalahan yang ada pada UMKM Kantin Bu Ayu adalah Packaging produk cwie mie masih menggunakan packaging yang tidal memiliki niali estetika. Tujuan dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah umtuk memberikan pelatihan terkait manajemen pengemasan produk untuk meningkatkan penjualan. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara langsung. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, memberikan solusi terhadap UMKM berupa peningkatan pemahaman dan keterampilan pada kegiatan promosi, tersedianya kemasan yang higienis, ekonomis, bersih dan rapi, tersedianya merek pada kemasan dengan desain yang menarik dan informasi yang lengkap dalam melakukan kegiatan promosi.

 


Save to Mendeley


Keywords


inovasi

Full Text:

PDF

References


Kusnandar, H., & Adi, R. K., Qonita, Rr., Aulia, K., Riptanti, E. W., & Setyowati, N. (2021). Perbaikan Kemasan Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk Ukm Murni Snack. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (2). 320-327.

Paramita, P. D. & Surur. (2022). Meningkatkan Kualitas Pemasaran UMKM Melalui Inovasi Sosial Media Marketing pada Pelaku Usaha Keripik di Desa Domas. E-Journal AlDzahab 3 (1): 21-31.

Wijaya, T. W., Muchlis, Z., Azizah, L. M., Miftah, M. 2021. Pengembangan Pemasaran Prduk Lokal Melalui Digital Business dan Pembaharuan Brand Produk. Webinar Abdimas 4- 2021: Inovasi Teknologi Tepat Guna dan Model Peningkatan Kapasitas Masyarakat Era Covid-19: 1372- 1378.

Nizam, M. F., Mufidah, E., & Fibriyani, V. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran Umkm. Jurnal EMA, 5(2), 1214–1224.

https://doi.org/10.47335/ema.v5i2.55

Elfahmi, S. H., & Jatmika, D. (2019). Pengaruh Inovasi Terhadap UKM Naik Kelas Melalui Daya Saing Produk (Studi UKM Kuliner Rahajeng Catering Pati dan Indoburger Rembang). Media Mahardhika, 17(3), 481– 487. https://ojs.stiemahardhika.ac.id/index.php/mahardika/article/view/106/91




DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v7i1.5585