PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN ANGKA DAN LOGIKA MATEMATIKA SEDERHANA UNTUK ANAK PAUD

Andri Suhartono, Pram Eliyah Yuliana, Setya Ardhi

Abstract


Mengenalkan angka dan mengajarkan ilmu berhitung pada anak-anak TK bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan metode pengajaran yang smart dan menyenangkan agar anak-anak bisa memahami materi yang diajarkan. Apalagi anak-anak TK ini dalam tahap eksplorasi tentang segala hal mulai dari pengenalan warna, suara, bermain jari dan berhitung, meronce dan merangkai sesuatu, bermain pasir dan tanah, mengajak bermain lego (artikel epsikologi 1). Pendidikan yang dilakukan di lingkungan sekolahpun hanya dalam waktu yang singkat, hal ini untuk menghindari tingkat kebosanan yang nantinya bisa membuat anak menjadi tantrum yang akhirnya bisa berbahaya bagi anak itu sendiri (artikel Detik 2). Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena metode pengajaran yang salah, maka diperlukan tenaga pendidik (TenDik) yang handal. TenDik atau Guru haruslah memiliki wawasan, ketrampilan, dan kesabaran yang tinggi dalam proses belajar mengajar di Sekolah tersebut. Apalagi di beberapa Sekolah Dasar masih mensyaratkan penguasaan materi berhitung (Calistung) agar dapat diterima di sekolah tersebut. Oleh dari itu, tim pengabdi akan membuatkan Aplikasi Berhitung yang sederhana yang nantinya akan sangat mudah digunakan oleh para Guru dan siswa TK untuk mengenal angka dan logika berhitung sederhana. Selain itu, nanti juga akan dibuatkan perangkat yang terdiri dari Lampu LED sehingga semua orang bisa mengawasi dan ikut bermain dalam game ini. Dengan adanya aplikasi game dan perangkat nya diharapkan eksplorasi pengenalan angka dan belajar berhitung ini akan mampu menjadi salah satu metode yang dapat diterapkan di semua TK nantinya.


Save to Mendeley


Keywords


Calistung, Aplikasi Belajar, LED

Full Text:

PDF

References


Amrizal Yudi, Kurniati Rezki, (2016), Game Aritmatika Berbasis Android., Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika, Vol. 1, No. 2

Bill Phillips, Chris Stewart, (2015), Android Programming: The Big Nerd Ranch Guide, Addison-Wesley Professional, Ed 2

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, (2020), Pentingnya Tahun Pertama Pendidikan Bagi Anak Usia Dini.

Listyorini, T. dan Widodo, A., 2013, Perancangan Mobile Learning Mata Kuliah Sistem Operasi Berbasis Android, Universitas Muria Kudus, Jurnal SIMETRIS, (3) 1 April 2013, 2252-4983.

Parker, R., Thomsen, B. S., & Berry, A. (2022). Learning Through Play at School – A Framework for Policy and Practice. Frontiers in Education, 7. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.751801

Sarwono, Sarlito Wirawan, (2020), Pengantar Umum Psikologi, Jakarta, Bulan Bintang

Susanto, S.H., 2011, Mudah Membuat Aplikasi Android, Ed. I.,Yogyakarta, ANDI.

https://www.google.com/amp/s/epsikologi.com/contoh-kegiatan-eksplorasi-anak/amp

https://www.detik.com/jabar/jabar-gaskeun/d-6173565/tantrum-pada-anak-apa-itu-penyebab-dan-cara-mengatasinya

https://www.generasimaju.co.id/artikel/4-tahun/stimulasi/metode-pembelajaran-paud




DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v7i1.5576