PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI PUPUK KANDANG DAN PENCATATAN KEUANGAN PADA KWT MAWAR

Dyna Rachmawati, Andrew Joewono, Danang Murdiyanto, Adriana Anteng Anggorowati

Abstract


Kegiatan abdimas ini bertujuan untuk membantu memberikan solusi atas masalah yang dihadapi oleh kelompok wanita tani (KWT) Mawar yaitu (1) peningkatan kapasitas produksi, dan (2) pencatatan keuangan. KWT Mawar mempunyai kegiatan utama menanam sawi. Saat ini, KWT Mawar berupaya untuk memenuhi pupuk tanaman sawi dengan memproduksi sendiri. Kotoran kambing yang menjadi bahan utama pupuk kandang diperoleh secara gratis dari peternak kambing. Kotoran kambing tersebut dihancurkan dengan tenaga manusia, sehingga hasil produksinya hanya mencapai 75 kg per bulan. Padahal kebutuhan pupuk sebesar 250 kg per bulan. Metode pelaksanaan abdimas ini adalah pembuatan mesin komposter elektrik, pelatihan penggunaan mesin komposter elektrik, dan pendampingan untuk pencatatan keuangan. Pembuatan komposter elektrik didasarkan dari hasil penelitian salah satu anggota Tim Abdimas. Mesin komposter elektrik ini dapat mempercepat dan meningkatkan kapasitas produksi pupuk menjadi sebesar 900 kg. Kelebihan produksi tersebut dijual ke anggota KWT Mawar dan non anggota. Penjualan ini memberikan konsekuensi logis bagi pengurus KWT Mawar untuk mengadministrasikan pencatatan keuangan secara akuntabel. Solusi atas permasalahan ke-2 adalah pendampingan penetapan harga pokok produksi dan pencatatan keuangan sederhana berbasiskan MS Excel. Penetapan harga pokok produksi menggunakan konsep target costing. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa biaya produksi untuk kemasan pupuk 5 kg sebesar Rp 11.560. Harga jual ditetapkan sebesar harga pasar Rp 13.000 untuk kemasan 5 kg. Ini memberikan tambahan penghasilan sebesar Rp 187.200. Pencatatan keuangan sederhana berbasiskan MS Excel mengakomodir kebutuhan pengurus KWT dalam mencatat dana titipan anggota dari hasil penjualan sawi. Dana titipan ini akan dibagikan ke para anggota pada saat bulan Ramadhan.

 

 

 

 

 


Save to Mendeley


Keywords


Mesin komposter elektrik, target costing, pencatatan keuangan MS Excel

Full Text:

PDF

References


Alim, V. H. (2016, November). Bumi dan Manusia Terjaga dengan Teknologi. CHIP, 39–40.

Anggorowati, A. A., Joewono, A., & Rachmawati, D. (2022). PKM Pemompa Air Bertenaga Surya – Hybrid untuk Tani Sawi sebagai Implementasi MBKM di Dusun Mondoroko Desa Banjararum, Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Propinsi Jawa Timur. Surabaya.

Anggorowati, A. A., Joewono, A., & Rachmawati, D. (2023). Pembibitan Sawi Pokcoy dan Dampak Ekonominya di Kampung Sawi Malang. SULUH: Jurnal Abdimas, 4(2), 203–212.

Arisandy, D. F. (2016). Komposter Elektrik. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Hansen, D.R., & Mowen, M. M. (2007). Managerial Accounting (8th ed.). New York, USA: Thomson Higher Education.

Weygandt, J. J., Kimmel, P. D., & Kieso, D. E. (2019). Financial Accounting with International Financial Reporting Standards (4th ed.). Singapore: John Wiley & Sons.




DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v6i2.4960