PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN UNTUK PENGUATAN KELEMBAGAAN UMKM DI KELURAHAN SUKOLILO BARU, KENJERAN, SURABAYA

Gratianus Edwi Nugrohadi, Margaretha Ardhanari

Abstract


Pemilihan topik kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dijalankan saat ini berangkat dari keprihatinan terhadap keberadaan para pelaku usaha, terutama yang mengolah dan menjual produk kerupuk hasil laut, yang berada di Kelurahan Sukolilo Baru, Kenjeran, Surabaya. Sejak adanya Covid-19, hal yang paling dirasakan oleh para pelaku usaha ini adalah penurunan volume penjualan. Para pelaku UMKM hanya menggunakan format toko (konvensional) untuk memasarkan produknya yaitu hanya menunggu pembeli untuk datang ke toko sedangkan produk yang dihasilkan memiliki daya tahan yang tidak lama (mudah rusak). Oleh karena itu, dibutuhkan terobosan baru agar usaha ini dapat terus berjalan.  Program Abdimas ini bekerjasama dengan 15 mitra UMKM produk kerupuk olahan hasil laut yang ada di Kelurahan Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya. Solusi yang ditawarkan pada para mitra adalah: peningkatan nilai produk melalui perolehan NIB, PIRT dan sertifikasi Halal. Dalam pelaksanaannya, kegiatan abdimas ini melibatkan mahasiswa. Sampai dengan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini berakhir, luaran yang dicapai adalah UMKM mitra sudah mampu melakukan pengemasan produk lebih baik, memiliki label dan merek produk, 3 mitra UMKM mampu mendaftarkan NIB versi baru dan 2 mitra memperoleh PIRT dan siap untuk mengajukan sertifikasi Halal.


Save to Mendeley


Keywords


Pendampingan UMKM; penguatan kelembagaan; Nomor Induk Berusaha; Pangan Industri Rumah Tangga

Full Text:

PDF

References


Alfikalia (2020). “Perspektif Dalam Kesejahteraan Psikologis Manusia: Suatu Pengantar”. Naskah Proceeding dalam National Seminar on Physical Fitness and Psychological Well-being During The Coronavirus Pandemic 2020. Publikasi Online. Versi Unduh: https://repository.paramadina.ac.id/123/1/Perspektif%20dalam%20Kesejahteraan%20Psikologis%20Manusia.pdf (26 Juni 2023).

Ardhanari, M., Nugrohadi, G.E., & Anggorowati, A.A. (2018). “Holistic-Integrative Development Strategies of Woman-MicroEntrepreneurs in Coastal Surabaya”. Academy of Entrepreneurship Journal, Vol. 24, Issue 3, pp. 1-12.

Eviana, Murti, I., & Basyar, M.R. (2022). “Pemetaan Kepemilikan Legalitas Usaha Dalam Upaya Pegembangan UMKM Desa Pekarungan”. ULIL ALBAB – Jurnal Ilmiah Multi Disiplin, Vol. 1, No. 3, Februari, hal. 400-411.

Febrina, M.M., dkk (2019). “Pendampingan Ibu-Ibu untuk Meningkatkan Motivasi, Kepercayaan Diri, dan Ketrampilan Berwirausaha. Naskah Proceeding. Publikasi Online. Versi Unduh: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37374/3/Maughfirah%20Febrina%20M.,%20Nabila%20Aulia%20Rosyadha,%20Aulia%20Fikri%20Haqiyati,.pdf (26 Juni 2023).

Fieldman, Alland M. (2000). Ekonomi Kesejahteraan. Yogyakarta: Andi Offset.

Nugrohadi, G.E. (2014). “Studi Fenomenologis Tentang Gambaran Faktor Protektif/Risiko, Resiliensi, Dan Kesejahteraan Psikologis Pada Perempuan Istri Nelayan Di Kelurahan Sukolilo, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya”. Naskah Laporan Penelitian (Tidak Dipublikasikan).

Redaputri, A.P., dkk. (2022). “Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Kewirausahaan UMKM Penghasil Keripik KSU Gapoktan Rukun Santoso, Desa Bumi Sari, Kec. Natar”. JPU – Jurnal Pengabdian UMKM, Vol. 1, No. 1, Januari, hal. 26-32.

Virianita, R., dkk. (2022). “Keberhasilan Pelatihan Kewirausahaan bagi Wirausaha Baru”. Jurnal Penyuluhan, Vol. 18, No. 2, hal. 277-295.

Wibowo, A., dkk. (2022). “Pelatihan dan Pendampingan Pemasaran UMKM Berbasis Digital Di Desa Cisaat”. D’EDUKASI – Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 2, No. 1, Juni, hal. 16-25.




DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v6i1.4788