BAGAIMANA MENJADI UMKM YANG PRODUKTIF PADA WARGA UMKM RW 02 DAN RW 03 KELURAHAN MEDOKAN SEMAMPIR KECAMATAN SUKOLILO SURABAYA

P. Julius F. Nagel, Tuty Lindawati, Ninuk Muljani, Niken Dwi Marsela, Marshela Sheren Monica, Mutiara Kusuma Wardani

Abstract


Pandemi Covid-19 faktanya memang mempengaruhi sektor perekonomian, tak terkecuali usaha kecil menengah (UMKM). Di balik menurunnya pendapatan UMKM selama hampir dua bulan terakhir, namun para pelaku usaha tetap harus bertahan. Untuk memperpanjang 'usia' usaha, pelaku usaha harus memainkan strategi bisnisnya. Berikut beberapa cara atau ciri kunci sukses UMKM bertahan di tengah pandemi Covid-19.1. Lakukan Analisis SWOT. 2. Inovasi Promosi. 3. Gabung Komunitas. 4. Perencanaan Anggaran.5. Cek Persediaan Barang.Permasalahan yang ada pada warga RW 02 dan RW 03 Kelurahan Medokan Semampir Kecamatan Sukolilo Surabaya adalah warga belum pernah memainkan strategi bisnisnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan utama kegiatan pengabdian masyarakat ini agar warga RW 02 dan RW 03 Kelurahan Medokan Semampir Kecamatan Sukolilo Surabaya dapat memahami strategi bisnis agar UMKM tetap produksi di tengah pandemi. Sehingga tim ABDIMAS mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka, melalui diskusi interaktif mengenai strategi bisnis, dan juga dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan dalam mengembangkan usaha kecil yang dijalankan dan bauran pemasaran khususnya menentukan harga jual produk UMKM. Harga adalah komponen yang sangat penting dari definisi bauran pemasaran. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dikemas dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, pelatihan, dan pembinaan secara berkelanjutan, dengan berbagai macam kegiatan dalam hal ini warga RW 02 dan RW 03 Kelurahan Medokan Semampir Kecamatan Sukolilo Surabaya diberi kesempatan untuk dapat merencanakan dan menentukan persaingan bisnis, teori, contoh, dan jenisnya.


Keywords


Mengembangkan UMKM; Bauran Pemasaran; Manfaat Persaingan Usaha; Kendala saat mulai bisnis

Full Text:

PDF

References


topkarir. (2021, Maret 24). Langkah Awal Manajemen SDM untuk Kesuksesan UKM. Dipetik Agustus 19, 2022, dari https://www.topkarir.com/: https://www.topkarir.com/article/detail/langkah-awal-manajemen-sdm-untuk- kesuksesan-ukm.

Priscilla, M. (2020, Mei 20). UMKM Tetap Produktif di Tengah Pandemi. Dipetik Agustus 19, 2022, dari https://www.merdeka.com/: https://www.merdeka.com/peristiwa/7-cara-agar-umkm-tetap-produktif-di-tengah- pandemi.html

Rosyad, A. Bagaimana Strategi untuk Mengembangkan Usaha Kecil yang dijalankan?. Dipetik Agustus 19, 2022, dari https://opop.jabarprov.go.id/: https://opop.jabarprov.go.id/bagaimana-strategi-untuk-mengembangkan-usaha-kecil- yang-dijalankan/

Dewi, N. (2017, Juli 19). Manajemen SDM pada UMKM. Dipetik Agustus 19, 2022, dari ninadewiblog: https://ninadewiblog.wordpress.com/2017/07/19/manajemen- sdm-pada-umkm/

Astuti, M. dan Matondang, N. (2020). Manajemen Pemasaran: UMKM Dan Digital Sosial Media. Yogyakarta: PenerbitDeepublish.

Farhansyah, J. (2021, Agustus 21). Strategi Penetapan Harga: Pengertian, Cara, Metode, dan Tujuan. Dipetik Agustus 20, 2022, dari https://blog.mokapos.com/: https://blog.mokapos.com/strategi-penetapan-harga

CPS Soft. (2018, September 21). Mengenal Bauran Pemasaran Atau Marketing Mix. Dipetik Agustus 22, 2022, dari cpssoft.com: https://cpssoft.com/blog/manajemen/mengenal-bauran-pemasaran/

Kotler, P. dan Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing Global, 14thedition. New Jersey: Prentice Hall.

Fatihudin, D.dan Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: PenerbitDeepublish.

Tjiptono, F.(2011). Pemasaran Jasa. Malang: Penerbit Bayu Media.

Jurnal Enterpreneur. (n.d.). 9 Cara Mengembangkan Usaha yang Perlu Anda Ketahui. Retrieved from Jurnal Enterpreneur: https://www.jurnal.id/id/blog/9-cara-mengembangkan-usaha/

Kompasiana. (2020, Juni 11). Hindari Hambatan Ini Bila Ingin Mengembangkan Usaha! Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/erlandy80466/5ee1a8d8d541df0b321ca8a2/hidari-hambatan-ini-bila-ingin-mengembangkan-usaha?page=4&page_images=1

Moedasir, A. (2022, Juni 4). Persaingan Bisnis: Teori, Contoh, dan Jenisnya. Retrieved from Majoo: https://majoo.id/solusi/detail/persaingan-bisnis

Pasha, A. R. (2020, September 8). Tak Perlu Kaget, Ini 6 Kendala yang Sering Terjadi Saat Mulai Bisnis Pertama. Retrieved from cermati.com: https://www.cermati.com/artikel/tak-perlu-kaget-ini-6-kendala-yang-sering-terjadi-saat-mulai-bisnis-pertama

Qiscus. (2021, Desember 13). 4 Strategi Pengembangan Usaha yang Harus Diketahui Pebisnis. Retrieved from Qiscus: https://www.qiscus.com/id/blog/strategi-pengembangan-usaha/

Hukumonline. (2019, Februari 15). Yuk Pahami Hukum Persaingan Usaha demi Kelancaran Berusaha. Retrieved from Hukumonline: https://www.hukumonline.com/berita/a/yuk-pahami-hukum-persaingan-usaha-demi-kelancaran-berusaha-lt5c66824705c99/

Nathania, R. (2022, Februari 18). Menyelami Konsep 7P dalam Marketing Mix (Bauran Pemasaran). Retrieved from Glints: https://glints.com/id/lowongan/7p-marketing-mix-bauran-pemasaran/#:~:text=Marketing%20mix%20atau%20bauran%20pemasaran,juga%20dengan%20harga%20yang%20tepat

Pasha, A. R. (2020, September 8). Tak Perlu Kaget, Ini 6 Kendala yang Sering Terjadi Saat Mulai Bisnis Pertama. Retrieved from Cermati.com: https://www.cermati.com/artikel/tak-perlu-kaget-ini-6-kendala-yang-sering-terjadi-saat-mulai-bisnis-pertama




DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v6i2.4764

Copyright (c) 2024 P. Julius F. Nagel, Tuty Lindawati, Ninuk Muljani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.