A WORKSHOP TO ENHANCE DESTINY INSTITUTE TEACHERS’ TECHNOLOGY KNOWLEDGE

Jose Argo Tanore, Natasha Gracia Paramitha, Irma Amy Picauly

Abstract


Program pengabdian masyarakat ini, dalam bentuk lokakarya teknologi, bertujuan untuk membekali guru dalam pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dengan menggunakan teknologi secara efektif dalam kegiatan mengajar mereka. Program tersebut dilaksanakan pada 27 Maret 2022 di Destiny Institute Salatiga dan melibatkan empat guru di sekolah tersebut. Lokakarya ini memperkenalkan dua platform, "Genially" dan "The Secret Annex", yang merupakan alat interaktif yang cocok bagi siswa dan guru untuk mendukung proses belajar mengajar mereka. Selama lokakarya, penulis memastikan bahwa para peserta memiliki pengalaman langsung dengan Genially dan menjelajahi The Secret Annex dengan detail. Para peserta mendapat kesempatan untuk belajar tentang platform ini karena kebanyakan dari mereka belum pernah menggunakan atau mendengarnya sebelumnya. Menurut tanggapan yang diterima dari para peserta, platform ini mudah untuk digunakan, interaktif, dan menarik membuat proses belajar lebih menyenangkan. Mereka merasa platform ini sangat bermanfaat bagi guru dan siswa karena dapat digunakan untuk mendukung berbagai aspek proses pembelajaran, seperti membuat presentasi interaktif, timeline video, kuis, dan konten multimedia lainnya. Secara umum, program pengabdian masyarakat berhasil memperkenalkan alat teknologi digital baru kepada para pendidik bahasa Inggris di Salatiga. Para penulis berharap bahwa program tersebut telah menginspirasi mereka untuk memasukkan platform ini ke dalam praktik pengajaran mereka dan mengeksplorasi cara-cara baru untuk meningkatkan pengalaman belajar bagi siswa mereka. Penulis berkomitmen untuk meningkatkan lokakarya mereka untuk memberikan pengalaman yang lebih produktif dan menarik di masa depan, berkontribusi pada pertumbuhan pendidik bahasa Inggris di Salatiga.


Save to Mendeley


Keywords


community service; technology in teaching and learning; education

Full Text:

PDF

References


Arifin, S., & Sukmawidjaya, M. (2020). Technology transformation and its impact on lecturer’s performance. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 153. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.24372

Batubara, M. H. (2021). Integrating technology in EFL classroom for Indonesian adolesecent learners. Language Literacy: Journal of Linguistics, Literature, and Language Teaching, 5(2), 542–552. https://doi.org/10.30743/ll.v5i2.4508

Fernández, A., Gómez, B., Binjaku, K., & Meçe, E. K. (2023). Digital transformation initiatives in higher education institutions: A multivocal literature review. Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11544-0

Ghivarianto, R. D. (2020, October 14). Cerita ketum IGI ajari guru adaptasi sistem online [Story from IGI's chairman in teaching teacher to adapt the online system]. DetikNews. Retrieved April 30, 2023, from https://news.detik.com/berita/d-5213999/cerita-ketum-igi-ajari-guru-adaptasi-sistem-onli

Mali, Y. C. G., & Santosa, M. H. (2021). Screencast-O-Matic to support EFL teaching and learning amidst the COVID-19 pandemic. Beyond Words, 10(2), 81–90. https://doi.org/10.33508/bw.v9i2.3360

Mali, Y. C. G. (2022). Pelatihan daring tentang pengintegrasian teknologi dalam suatu Kelas bahasa Inggris. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 206–212. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i2.3122

Prayudi, R. A., Hakiki, A. K., Putra, N. R. D., Anzka, T. O., & Ihsan, M. T. (2021). The use of technology in English teaching & learning process. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 102-111. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.38

Priyanto, P., & Suhandi, N. P. (2022). Indonesian higher education institutions competitiveness and digital transformation initiatives. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 11(1), 86–95. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v11i1.34263

Rambu, F. (2021, September 9). Literasi digital untuk pembelajaran jarak jauh yang berkualitas di NTB [Digital literacy for quality remote learning in NTB]. Lombok Post. Retrieved April 30, 2023, from https://lombokpost.jawapos.com/opini/09/09/2021/literasi-digital-untuk-pembelajaran-jarak-jauh-yang-berkualitas-di-ntb/.

Ritonga, M., Sobhan, S., Bambang, B., & Khadidja, S. (2022). Utilizing technology to improve the quality of learning in Indonesia: Challenges and consequences for Arabic teachers. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 9(1), 56–68. https://doi.org/10.15408/a.v9i1.24516

Subarkah, M. (2022, November 25). Guru dan transformasi teknologi pendidikan: Tantangan guru masa kini adalah memasuki abad digitalisasi [Teacher and educational technology transformation: Challenges for teacher these days are entering digitalization era]. REPUBLIKA. Retrieved April 30, 2023, from https://news.republika.co.id/berita/rlvrcz385/guru-dan-transformasi-teknologi-pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v6i1.4640