PELATIHAN CREATIVE INNOVATION START UP PROGRAM (CISUP) DI LITTLE SUN SCHOOL SURABAYA

Aldo Hardi Sancoko, Diyah Tulipa, Sandi Lenandi Soetrisno Lasmono

Abstract


Dorongan dari pemerintah untuk sekolah tingkat menengah yang dituntut untuk memiliki kompetensi berwirausaha mandiri sementara saat ini siswa di sekolah menengah masih minim kompetensi dan pengetahuan atau wawasan kewirausahaan menjadi peluang untuk mengembangkan dan memberikan insight bagi siswa tersebut. Pelaku abdimas memberikan solusi untuk mitra, siswa-siswa SMA Little Sun School Surabaya (baik kelas IPA maupun IPS) berupa pelatihan. Konsep pelatihan yang diberikan kepada mitra abdimas adalah cara berpikir kreatif dan inovatif, khususnya pada usaha mula-mula (startup). Program pelatihan ini diberi nama CISUP yang merupakan singkatan dari Creative Innovation Start Up Program. Program yang dimulai pada 18 Agustus 2021 sampai 10 November 2021 ini terbagi dari 12 kali pertemuan tiap minggunya, menghasilkan 3 konsep kreatif dan inovatif, yakni Bliss, Urgent!, Chance – Jihui(机会); difasilitasi oleh 4 dosen Fakultas Kewirausahaan: Andy Pratama Sulistyo, SM., MSM., Santho Vlennery Mettan, SM., MM., Dr. Diyah Tulipa, MM., Dr. Sandy Lenandi SL., MM., Aldo Hardi Sancoko, SE., MM; dan didampingi oleh 5 mahasiswa Fakultas Kewirausahaan. Tiga ide konsep kreatif inovatif yang merupakan tujuan dan target luaran tersebut tertuang dalam dokumen digital berbentuk website sederhana menggunakan WIX™, paparan presentasi, dan media pemasaran menggunakan IMOOJI™.


Save to Mendeley


Keywords


Inovatif, Kreatif, Startup

Full Text:

PDF

References


Elert, N., Andersson, F. W., & Wennberg, K. (2015). The impact of entrepreneurship education in high school on long-term entrepreneurial performance. Journal of Economic Behavior & Organization,

, 209-223.

Harususilo. Yohanes Enggar. Mewujudkan Pendidikan "Entrepreneurship" Usia Dini Berbasis Teknologi".

Napitupulu, Ester Lince. Wajib, Pendidikan Kewirausahaan di SMA",.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/05/10/16113731/mewujudkanpendidikan-entrepreneurship-usiadini-berbasis-teknologi?page=all.

Zacharias, T., Yusriadi, Y., Firman, H., & Rianti, M. (2021). Poverty Alleviation Through Entrepreneurship. Journal of Legal, Ethical and Regulatory Issues, 24, 1-5.

https://www.merdeka.com/uang/jumlahwirausaha-indonesia-jauh-di-bawahmalaysia-dan-thailand.html?page=1.

https://edukasi.kompas.com/read/2013/02/27/08461982/~Edukasi~News .




DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v6i1.4144