Hubungan Kemampuan Pengaturan Diet Rendah Purin Dengan Kadar Asam Urat Pada Lansia Di Desa Banjarsari Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang

Tria Febri Yanti

Abstract


Pendahuluan: Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan peningkatan kadar asam urat dalam sistem metabolisme, prevelensi angka kejadian asam urat pada usia lanjut usia meningkat disebabkan proses degenerative akan mempengaruhi metabolism asam urat. Penderita asam urat harus membatasi makanan tinggi purin berlebih. Faktor – faktor yang di duga mempengaruhi penyakit ini adalah diet, berat badan dan gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kemampuan pengaturan diet rendah purin dengan kadar asam urat pada lansia di Desa Banjarsari Kecamatan Ngajum.
Metode: Penelitian ini Non-Eksperimen dengan pendekatan cross sectional sampel diambil sejumlah 48 responden dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Instrument penelitian yaitu Sperman Rank.
Hasil: Hasil penelitian didapatkan sebagian besar memiliki diet rendah purin buruk 89.6% memiliki diet rendah purin baik 10.4%. Hasil uji statistik didapatkan (p) < 0.019 = (p) < 0.05, yang berarti ada Hubungan kemampuan pengatuan diet rendah purin dengan kadar asam urat pada lansia di posyandu lansia studi di desa Banjarsari Ngajum.
Diskusi: Adanya hasil penelitian ini, maka dianjurkan pada lansia agar dapat menerapkan diet purin yang baik untuk mencegah terjadinya kadar asam urat

Save to Mendeley


Full Text:

PDF