Pengaruh Implementasi Strategi IMC terhadap Keputusan Mendaftar Siswa di SMK Telkom Sidoarjo Tahun Ajaran 2022/2023

Rusli Akhmad Junaedi, Tony S. Soekrani

Abstract


                                                       ABSTRACT

The study is to describe and examine the effect of implementing IMC strategy on the decision of student to enrollment at Vocational School of Telkom Sidoarjo during academic year of 2022/2023. The background of which was based on the result of new student enrollment at Vocational School of Telkom Sidoarjo throughout academic year of 2021/2022, during Covid-19 pandemic outbreak to the transition of new normal era, reporting a total of 231 student from the targeted number of 250. The results of new student enrollment at Vocational School of Telkom Sidoarjo during academic year of 2022/2023, however, has exceeded the target by achieving a total of 240 student from the targeted number of 223. The research was conducted using explanatory quantitative method which included 150 respondents. The samples were collected using simple random sampling, while the data was collected through questionnaire. In addition, the data was processed through data validity test consisting validity and reliability test, as well as classical assumption test consisting normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test. Moreover, the data was analyzed using descriptive statistical analysis and parametric inferential statistics. Furthermore, the hypothesis test was established through multiple linear regression test, partial test (t test), simultaneous test (F test), and coefficient of multiple determination test (R2). The findings suggest that the event & experience variable performed a significant effect with a substantial relationship, while the digital marketing variable represented a significant effect with a substantial relationship on the decision to enrollment at Vocational School of Telkom Sidoarjo. Additionally, the implementation of IMC strategy as measured by variable of advertising, sales promotion, event & experience, public relations, direct marketing, personal selling, and digital marketing simultaneously influenced the decision of student to enrollment at Vocational School of Telkom Sidoarjo.


                                                          ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguji pengaruh implementasi strategi IMC terhadap keputusan mendaftar siswa di SMK Telkom Sidoarjo pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil PPDB SMK Telkom Sidoarjo tahun ajaran 2021/2022 yang bertepatan dengan wabah pandemi Covid-19 melanda hingga transisi era new normal pandemi Covid-19 menunjukan pencapaian sejumlah 231 siswa dari target 250 siswa. Akan tetapi, PPDB SMK Telkom Sidoarjo tahun ajaran 2022/2023 mampu melebihi target dengan pencapaian sebanyak 240 siswa dari target 223 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatoris dengan jumlah responden sebanyak 150 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Teknik pengambilan data yang dalam penelitian ini berupa kuisioner. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji keabsahan data yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas serta uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistika deskriptif dan statistik inferensial parametrik. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan uji regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), dan uji koefisien determinasi berganda (R2). Hasil dalam penelitian ini adalah variabel event & experience berpengaruh signifikan dengan hubungan yang cukup dan variabel digital marketing berpengaruh signifikan dengan hubungan yang cukup berarti terhadap keputusan pendaftaran di SMK Telkom Sidoarjo. Implementasi strategi IMC yang diukur dengan variabel advertising, sales promotion, event & experience, public relations, direct marketing, personal selling, dan digital marketing secara simultan berpengaruh terhadap keputusan mendaftar siswa di SMK Telkom Sidoarjo.


Save to Mendeley


Keywords


IMC; Keputusan; Mendaftar; Siswa

Full Text:

PDF

References


Abdillah, W., & Herawati, A. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Berbasis Entrepreneur (Studi pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya). Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 2(2). https://doi.org/10.25139/jai.v2i2.1338

Asriwati. (2021). Strategi Komunikasi Yang Efektif: Communication for Behavior Impact (Combi) Dalam Pengendalian Demam Berdarah Dengue. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Bimantoro, G., & Burhanuddin, R. (2019). Analisis Strategi Personal Selling Marketing Communication di PT. Infoglobal (Contoh Kasus Produk Aplikasi Pertahanan Markas Besar TNI Angkatan Udara di Jakarta). ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 22(1), 43-63. https://doi.org/10.55886/esensi.v22i1.158

Febriyeni, Wahab, Z., & Shihab, M. S. (2019). The Influence of Brand Positioning and Integrated Marketing Communication on Brand Equity and The Students’ Decisions in Choosing of Palembang Tourism Polytechnic. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 17(3), 177–184. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jmbs/article/view/11900

Kriyantono, R. (2021). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif. (2nd ed.) Jakarta: Prenada Media.

Kushwaha, B. P., Singh, R. K., Varghese, N., & Singh, V. N. (2020). Integrating Social Media and Digital Media As New Elements Of Integrated Marketing Communication For Creating Brand Equity. Journal of Content, Community and Communication, 11(10), 52–64. https://doi.org/10.31620/JCCC.06.20/05

Martono, N., Puspitasari, E., & Wardiyono, F. W. (2020). Strategi bertahan SMA swasta pilihan kedua menghadapi kompetisi dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 1-12.

Munarsih, M., Akbar, M. F., & Sudarsono, A. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Memilih Sekolah Pada Orangtua Siswa Sdit Bina Cendekia – Depok. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(3). https://doi.org/10.32493/jee.v2i3.6804

Nurafiah, S. (2023). Pengaruh Iklan, Public Relations, Direct dan Online Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Properti di Depok. Jurnal Portofolio: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 75-86.

Octavia, G., & Sari, W. P. (2019). Bentuk Komunikasi Pemasaran Digital ST22 Consulting. Prologia, 2(2). https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3598

Palit, D. W., Mandey, S. L., & Djemly, W. (2023). Pengaruh Advertising, Personal Selling dan Sales Promotion terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik YOU di Matahari Dept. Store Manado Town Square. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(1), 465-476.

Pratama, A. N., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy (Studi pada pengguna sepeda motor Honda Scoopy di Semarang). Jurnal Mirai Management, 7(1), 425–436. Retrieved from https://journals.upiyai.ac.id/index.php/IKRAITHEKONOMIKA/article/view/1331%0Ahttps://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/download/1331/1066

Purba, R. S., & Syaifullah. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Carvil di Kota Batam. Jurnal Akrab Juara, 5(3), 228–239

Purnomo, R. A. (2017). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS: Untuk Mahasiswa, Dosen dan Praktis. Ponorogo: CV Wade Group.

Ratnawuri, T., Pritandhari, M., & Damayanti, E. F. (2020). Analisis Strategi Integrated Marketing Communication Terhadap Minat Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 8(2). http://dx.doi.org/10.24127/pro.v8i2.3318

Ruswanti, E., Gantino, R., & Sihombing, S. O. (2019). Predicting the influence of integrated marketing communication on intention to buy organic product: An empirical study. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3). https://doi.org/10.18510/hssr.2019.735

Santoso, S. (2018). Mahir Statistik Multivariat dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Satgas PPDB SMK Telkom Sidoarjo. (2021). Laporan PPDB SMK Telkom Sidoarjo Tahun Ajaran 2021/2022. Sidoarjo: SMK Telkom Sidoarjo.

________________________________. (2022). Laporan PPDB SMK Telkom Sidoarjo Tahun Ajaran 2022/2023. Sidoarjo: SMK Telkom Sidoarjo.

Savira Maulana, Puspita, N., & Yosi Erfinda. (2022). Pengaruh Direct Marketing terhadap Keputusan Pembelian dalam Menggunakan Social Event Package di Art Deco Luxury Hotel & R.docx. Journal of Tourism Destination and Attraction, 10(1), 69-84. https://doi.org/10.35814/tourism.v10i1.3415

Setiawan R., Wibisono, D. & Purwanegara, M. S. (2022). Defining Event Marketing as Engagement-Driven Marketing Communication. Gadjah Mada International Journal of Business. 24(2), 151-177. http://doi.org/10.22146/gamaijb.63788

Setiawati, C. I., & Meitasari, V. T. (2020). Analisis Event Marketing dan Keputusan Pembelian Produk Fashion Lokal dikalangan Pengunjung KICKFEST Bandung. Al Tijarah, 6(2), 97–117. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i2.5334

Sufren & Natanael, Y. (2014). Belajar Otodidak SPSS Pasti Bisa. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (23rd ed.). Bandung: Alfabeta.

Sulaksana, U. (2019). Integrated Marketing Communications. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suminar, R., & Wahyuni, S. (2021). Peranan Inovasi Dan Komunikasi Marketing Terpadu Dalam Keputusan Memilih Perguruan Tinggi (Kasus ITL Trisakti). Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, 7(1). https://doi.org/10.54324/j.mbtl.v7i1.634

Setyowati, R. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Siswa SMA Dalam Memilih Perguruan Tinggi. Journal of Language and Health, 3(1), 23–28.

Suyono. (2018). Analisis Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Teguh, M., & Ciawati, S. T. (2020). Perancangan strategi digital marketing communication bagi industri perhotelan dalam menjawab tantangan era Posmodern. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 051-064.

Teguh, M., Niantiara, A. & Hartansa, A. (2020). Intergrated Marketing Communication Pada Usaha Industrial Internet of Things-Machine Vision. KOMUNIKATIF: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 9(2), 191-213.

Widyaningrum, A. Y. (2021). Kajian Tentang Komunitas Virtual: Kesempatan dan Tantangan Kajian di Bidang Ilmu Komunikasi. KOMUNIKATIF: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 10(2), 141-152.

Wulandari, F. W., Azizah, N., & Subrayanti, D. (2022). Pengaruh Kegiatan Program Marketing Public Relations terhadap Citra Perusahaan di Hotel Novotel Bandung. Journal of Finance and Business Digital, 1(1), 1-12.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Zain, A. S., & Purniawati, R. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru dengan Metode Simple Additive Weighting. Sains, Aplikasi, Komputasi Dan Teknologi Informasi, 2(1).https://doi.org/10.30872/jsakti.v2i1.2668




DOI: https://doi.org/10.33508/jk.v12i1.4478