PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN

Resky Marsel Renyaan, Sofian Sofian

Abstract


Pada era normalisasi akibat merebaknya virus Covid-19, perusahaan tetap dipaksa beradaptasi untuk mempertahankan eksistensinya. Keberhasilan kinerja perusahaan dalam situasi dan kondisi seperti itu sangat penting karena pertumbuhan laba yang baik dan konstan berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha perusahaan dalam jangka panjang. Good Corporate Governance menjadi salah satu faktor penting untuk mencapai tujuan dari perusahaan sehingga Good Corporate Governance sendiri memiliki arti yaitu suatu konsep yang menjunjung tinggi pentingnya hak pemegang saham dalam hal mendapatkan informasi dengan benar, akurat, dan tepat waktu. Desain penilitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengujian hipotesis secara empiris. Penelitian ini bersifat kuantitatif betujuan menganalisis pengaruh Good Corporate Governance khususnya pengaruh Dewan Direksi, Dewan Komisaris dan Komite Audit terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan perusahaan manufaktur yang diukur dengan ROA. Kinerja keuangan menjadi prestasi manajemen perusahaan dalam menjalankan fungsi dan pengelolaan aset beserta sumberdaya perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini meliputi ukuran dewan direksi, dewan komisaris dan komite audit. Variabel dewan direksi diukur dengan jumlah anggota dewan direksi yang ada pada perusahaan. Dewan komisaris diukur berdasarkan jumlah anggota dewan komisaris terdiri dari komisaris dan komisaris independen. variabel komite audit diukur dengan jumlah anggota komite audit yang ada pada perusahaan.

Tujuan dilakukan Penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh mekanisme corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan (ROA). Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dengan periode 2019-2021. Uji pada penelitian meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi dan uji multikollinearitas. Hasil uji t data mengambarkan titiknya sesuai atau menyesuaikan dengan garisnya dimana telah sesuai dengan kriteria yang ada. Maka disimpulkan bahwa data dari penelitian ini terdistribusi normal, tidak terjadi heterokedastisitas dan model regresi tersebut baik, data yang dihasilkan panel sehingga tidak perlu dilakukan uji autokorelasi. Uji multikolineritas terpenuhi karena tidak terjadi multikolineritas pada setiap variabel independen. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti bahwa pada variabel independent dewan direksi memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan, dewan komisaris tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan dan Variabel komite audit tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan.

Save to Mendeley


Keywords


Company's financial performance, good corporate governance mechanisms, Board of Directors, Board of Commissioners, Audit Committee

References


Adi, S. A., & Suwarti, T. (2022). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020. Jimat (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, Vol :13 No :2.

Alisa Jihan Siffiana, W. S. (Juni 2020). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Gudang Garam. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen E-Issn : 2656-775x, Point Vol. 2, No. 1,.

Ardin Dolok Saribu, S. M. (Juli 2020). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018). Jurnal Stindo Profesional, Volume Vi | Nomor 4.

Dwi Fitrianingsih, S. A. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Volume 1 : 38-51.

Eko Prasetio, R. R. (Maret 2021 (129-138). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Sektor Trade, Service And Investmen. Jurnal Disrupsi Bisnis,, Vol. 4, No.2.

Elizar Sinambela, I. R. (Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora 2021, Ke-1). Analisis Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Pada Perusahaan Perbankan Di Indonesia. Sintesa.

Fajri, F., Akram, & Mariadi, Y. (2 Juni 2022). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Bumn Sektor Keuangan. Journal Risma, Vol 2.

Fitrianingsih, D., & Asfaro, S. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Unival, Volume 1.

Inka Novitasari, I. D. (2020). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Kharisma, Vol. 2 No. 1.

Kamayuli, N. M., & Artini, L. G. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen, Vol. 11, No. 6.

Ni Made Kiki Kamayuli, L. G. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen, Doi: Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2022.V11.I06.P07, Vol. 11, No. 6.

Novitasari, I., Endiana, I. D., & Arizona, P. E. (2020). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Kharisma, Vol. 2 No. 1.

Nurhidayah, V. (2020). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerjakeuangan Pada Perbankan Di Bei. Prisma (Platform Riset Mahasiswaakuntansi), Volume 01 Nomor 02 (Hal: 132-142).

Okta Setiawan, I. S. (Maret 2020,). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Pada Sektor Barang Konsumsi Di Bei. Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi, Volume Xviii, No 1, 13-21.

Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perbankan Di BEI. (2020). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), Hal: 132-142.

Pratama, Y., Putri, R. D., & Das, N. A. (2023). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei. Journal Of Management And Social Sciences (JIMAS), 01-16.

Ramadhani, A. F., Suhendro, & Siddi, P. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Journal.FEB.UNMUL.




DOI: https://doi.org/10.33508/jima.v12i2.5354