EFEKTIVITAS PELATIHAN SELF-AWARENESS UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI REMAJA PANTI ASUHAN
Abstract
Save to Mendeley
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhrima, H., & Rinaldi. (2019). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Anak Panti Asuhan. Jurnal Riset Psikologi, 3, 1–11.
Anjanisari, P., & Asri, D. (2016). peningkatan pemahaman diri melalui model permainan Johari window siswa kelas X AK 3 SMK sore Kota Madiun tahun pelajaran 2012/2013. Counsellia:Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2).
Ariani, N. putu, & Nyoman, S. (2013). latihan kesadaran diri dan terapi kognitif dapat meningkatkan harga diri remaja. Jurnal Riset Kesehatan, 6(2), 104–109.
Asif, A. (2017, June). Self-Esteem and Depression among Orphan and Non-Orphan Children. MedCrave Group LLC.
Azwar, S. (2021). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Belajar.
Bertha, & Handayani, P. (2021). Program Peningkatan Self-Awareness Pada Anak Asuhu di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak RHS. Prosiding the 3rd Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri, 3(1), 62–69.
Bordens, K. S., & Irwin A, H. (2008). Social Psychology. Freeload Press.
Citra, A. F., & Widyarini, M. N. (2015). Pelatihan Peningkatan Harga diri Pada Remaja Panti Asuhan Sub Unit Perlindungan Sosial Asuhan Anak, Cibalagung, Bogor. 8(2), 91–103.
Clayton, J. M. D. (2012). Psikologi Sosial. Erlangga.
Delamater, D. J., Myers, J. D., & Collett, L. J. (2015). Social Psychology (Eighth edi). Westview Press.
Febristi, A. (2020). Hubungan Faktor Individu dengan Self-Esteem (harga diri) Remaja Panti Asuhan di Kota Padang tahun 2019. XIV(01), 8–18.
Goleman, D. (1999). kecerdasan Emosi untuk mencapai puncak prestasi. Gramedia Pustaka Utama.
Haryanti, D., Pamela, E. M., & Susanti, Y. (2016). Perkembangan Mental Emosional Remaja Di Panti Asuhan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(2), 97–104.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Hatami, F., Ghahremani, L., Kaveh, M., & Keshavarzi, S. (2016). The Effect of Self-Awareness Training with Painting on Self-Efficacy among Orphaned Adolescents. Practice in Clinical Psychology, 4(2), 89–96. https://doi.org/10.15412/j.jpcp.06040203
Kalinin, V., & Edguer, N. (2023). The Effects of Self-Control and Self-Awareness on. Eureka, September 2022, 1–13.
Kawitri, A. Z., Rahmawati, B. D., Listiyandini, R. A., & Rahmatika, R. (2019). Self-Compassion dan Resiliensi pada Remaja Panti Asuhan. Journal Psikogenesis, 7(1), 76–83. https://doi.org/10.24854/jps.v7i1.879
Koo, O.-H. (2021). The Relationship between Self-awareness, Self-esteem, Empathy and Character of Nursing Students. Journal of the Korea Academia-Industrial Cooperation Society, 22(7), 172–182. https://doi.org/2021.22.7.17222
Martín-Albo, J., Núñez, J. L., Navarro, J. G., & Grijalvo, F. (2007). The Rosenberg self-esteem scale: Translation and validation in university students. Spanish Journal of Psychology, 10(2), 458–467. https://doi.org/10.1017/S1138741600006727
Nafisah, S. J. (2018). Arti Kehidupan Anak Asuh Panti Asuhan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 33–41. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11058
Nandita, P. (2022). The effect of johari window training on self-esteem of the adolescents at aisyiyah orphanage in sidoarjo. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 8, 113–119.
Ningrum, A. N. (2012). Hubungan antara Coping Strategy dengan Kenakalan pada Remaja Awal. 7(1), 481–489.
Noe, A. R. (2020). Employee Trining & Development (18th editi). McGraw Hill-Education.
Orth, U., & Robins, R. W. (2014). The Development of Self-Esteem. Current Directions in Psychological Science, 23(5), 381–387. https://doi.org/10.1177/0963721414547414
Riyadi, Rusmil, K., & Effendi, S. H. (2014). Risiko Masalah Perkembangan dan Mental Emosional Anak yang Diasuh di Panti Asuhan Dibandingkan dengan Diasuh Orangtua Kandung Risk of Developmental and Emotional Problems in Children Living in Orphanages Compared to Children Living with Their Parents. Mkb, 46(2), 118–124.
Rosenberg, M. (1989). Society and The Adolescent Self-Image (revised ed). Wesleyan University Press.
Santrock, J. (2007). Remaja (11th ed.). Penerbit Erlangga.
Setiarini, M., & Stevanus, K. (2021). Dinamika Psikologis Remaja di Panti Asuhan: Studi Fenomenologi. 4(1), 10–20.
Syafrizaldi, S., & Pratiwi, S. (2020). Hubungan antara Lingkungan Sosial dengan Harga Diri Remaja Panti Asuhan Al Jam’iyatul Washliyah Binjai. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(1), 193–199. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i1.254
Syanti, W. R. (2019). Pelatihan Self-Esteem Pada Remaja di Panti Asuhan “X” Surabaya. 11(1), 10–20.
Tricahyani, A. R. I., & Widiasavitri, P. N. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja Di Panti Asuhan Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(3), 542–550.
Unal, S. (2014). Evaluating the effect of self-awareness and communication techniques on nurses’ assertiveness and self-esteem. Contemporary Nurse, 43(July 2015), 90–98. https://doi.org/10.5172/conu.2012.43.1.90
DOI: https://doi.org/10.33508/exp.v12i1.5355