PENGARUH GRATITUDE TERHADAP KECENDERUNGAN DEPRESI PADA MAHASISWA DI SURABAYA

Ariel Benny Priyantono, Dicky Susilo, Happy Cahaya Mulya

Abstract


Kecenderungan depresi didefinisikan sebagai suatu pengalaman yang menyakitkan dengan perasaan kebahagiaan yang hilang dan dapat ditunjukan dengan gejala tertentu. Salah satu penyebab kecenderungan depresi adalah menurunnya gratitude atau rasa syukur yang dimiliki oleh seorang individu yang terdiri dari intencity, frequency, span dan dencity. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetauhi pengaruh dari gratitude terhadap kecenderungan depresi pada mahasiswa Surabaya. Peneliti menggunakan metode kuantitif dengan menyebarkan skala gratitude questionnaire 6 (GQ-6) dan depression anxiety stress scale 21 (DASS-21) yang peneliti susun dengan bantuan Google Form. Subjek yang menjadi penelitian ini adalah mahasiswa strata satu berumur 18-25 tahun di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan teknik analisa regresi sederhana dengan memakai bantuan aplikasi SPSS for Windows versi 25. Penelitian ini mendapatkan hasil adanya pengaruh signifikan antar variabel. Uji pengaruh pada penelitian ini digambarkan dengan sumbangan efektif sebesar 12.6% dan nilai sig, sebesar 0.000 (p < 0.05) dan nilai persamaan Y=41,274 – 0,449X. Berdasarkan persamaan regresi tersebut memperoleh arti bahwa setiap kenaikan 0,449 poin pada poin gratitude maka akan menurunkan 1 poin kecenderungan depresinya. Sebaliknya, setiap terdapat penurunan poin gratitude sebesar 0,449 poin maka akan menambahkan kenaikan 1 poin pada kecenderungan depresinya.

Save to Mendeley


Keywords


Gratitude; Kecenderungan Depresi; Mahasiswa di Surabaya

Full Text:

PDF

References


Alsaleh, M., Lebreuilly, R., Lebreuilly, J., & Tostain, M. (2016). The relationship between negative and positive cognition and psychopathological states in adults aged 18 to 20. Journal de Therapie Comportementale et Cognitive, 26(2), 79–90. https://doi.org/10.1016/j.jtcc.2016.02.002

American Psychiatric Association. (2013). DIAGNOSTIC AND STATISTICAL MANUAL OF MENTAL DISORDERS. In American Psychiatric. https://doi.org/10.4324/9780429286896-12

Cahya, F. D., Meiyuntariningsih, T., & Aristawati, A. R. (2021). Emotional Intelligence dengan Stress Pada Dewasa Awal yang Berada Dalam Fase QLC (Quarter-Life Crisis). Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 000, 1–13.

Chen, Y., & Ishak, Z. (2022). Gratitude Diary: The Impact on Depression Symptoms. Psychology, 13(03), 443–453. https://doi.org/10.4236/psych.2022.133030

Emmons, R. A., & McCullough, M. E. (2004). The Psychology of Gratitude. In The Psychology of Gratitude. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780195150100.001.0001

Fathoni, A. B., & Listiyandini, R. A. (2021). Kebersyukuran, Kesepian, Dan Distres Psikologis Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Psychological Science and Profession, 5(1), 10–19. https://doi.org/10.24198/jpsp.v5i1.29212

Field, A. (2009). Discovering Statistics Using SPSS (Third). Sage Publications.

Fitriah, A., & Hariyono, D. S. (2019). HUBUNGAN SELF ESTEEM TERHADAP KECENDERUNGAN DEPRESI PADA MAHASISWA (Relationship of Self Esteem Against the Trend of Depression in Students). Psycho Holistic, 1(1), 8–17.

Grimaldy, D. V., & Haryanto, H. C. (2020). Adaptation of Gratitude Questionnaire-6 (GQ–6) in Indonesian Context. Jurnal Psikologi, 47(1), 18. https://doi.org/10.22146/jpsi.39608

Hasanah, U., Fitri, N. L., Supardi, S., & PH, L. (2020). Depresi pada Mahasiswa selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4), 421. https://doi.org/10.26714/jkj.8.4.2020.421-424

Juita, D., & Yusmaridi, M. (2021). The Concept of “Merdeka Belajar” in the Perspective of Humanistic Learning Theory. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(1), 20–30. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i1.111912

Karin, P. A. E. (2017). Gambaran Tingkat Depresi pada Mahasiswa Tingkat Pertama Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Lambert, N. M., Fincham, F. D., & Stillman, T. F. (2012). Gratitude and depressive symptoms: The role of positive reframing and positive emotion. Cognition and Emotion, 26(4), 615–633. https://doi.org/10.1080/02699931.2011.595393

Le, M. T. H., Tran, T. D., Holton, S., Nguyen, H. T., Wolfe, R., & Fisher, J. (2017). Reliability, convergent validity and factor structure of the DASS-21 in a sample of Vietnamese adolescents. PLoS ONE, 12(7), 1–14. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0180557

Lee, D. (2019). The convergent, discriminant, and nomological validity of the Depression Anxiety Stress Scales-21 (DASS-21). Journal of Affective Disorders, 259(June), 136–142. https://doi.org/10.1016/j.jad.2019.06.036

Liu, X., Ping, S., & Gao, W. (2019). Changes in undergraduate students’ psychological well-being as they experience University Life. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(16), 1–14. https://doi.org/10.3390/ijerph16162864

Lubis, N. L. (2009). Depresi Tinjauan Psikologis (First). Kencana.

Manjari, & Pandey, V. (2017). Comparison of Depression among freshmen and Last Year College Students. International Journal of Indian Psychology, 5(1). https://doi.org/10.25215/0501.084

McCullough, M. E., Emmons, R. A., & Tsang, J. A. (2002). The grateful disposition: A conceptual and empirical topography. Journal of Personality and Social Psychology. https://doi.org/10.1037/0022-3514.82.1.112

Pallant, J. (2016). SPSS Survival Manual, 6th edition, 2016. Open University Press.

Patrika, F., & Villaruel, R. B. (2021). Depression, Anxiety, and Stress Among Students in Surabaya During Covid-19 Pandemic. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 23(2), 195–204. https://doi.org/10.26486/psikologi.v23i2.1601

Putriana, H., & Gunatirin, E. Y. (2021). Pengaruh dukungan sosial dan regulasi emosi terhadap kecenderungan depresi di Surabaya. Intisari Sains Medis, 12(3), 862. https://doi.org/10.15562/ism.v12i3.1192

Tuasikal, A. N. A., & Retnowati, S. (2018). Kematangan Emosi , Problem-Focused Coping , Emotion-Focused Coping dan Kecenderungan Depresi pada Mahasiswa Tahun Pertama. 4(2), 105–118. https://doi.org/10.22146/gamajop.46356

Utaminingtyas, C., Shanti, P., Prastuti, E., & Harsono, Y. T. (2021). Family Dysfunction and Depressive Tendencies in Adolescents. International Conference of Psychology 2021 (ICoPsy 2021). https://doi.org/10.18502/kss.v7i1.10206




DOI: https://doi.org/10.33508/exp.v11i1.4494