STRES AKADEMIK DAN DUKUNGAN TEMAN PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA SELAMA PEMBELAJARAN DARING

Alessandro Widianto Putro, Ermida Simanjuntak

Abstract


Abstrak

 

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia menyebabkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan peraturan untuk melaksanakan pembelajaran secara daring bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi. Mahasiswa tahun pertama sebagai mahasiswa yang baru saja mengalami masa transisi dari SMA menuju Perguruan Tinggi merupakan pihak yang rentan mengalami stres akademik saat pembelajaran daring. Stres akademik adalah respon yang dirasakan oleh tubuh terkait tuntutan yang tinggi dari dunia akademik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stres akademik dapat menurun ketika individu memperoleh dukungan dari lingkungan sekitarnya. Pada penelitian ini dukungan dari lingkungan sekitar adalah dukungan yang diberikan oleh teman. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara dukungan teman dan stres akademik pada mahasiswa tahun pertama selama pembelajaran daring. Responden dalam penelitian ini berjumlah 194 mahasiswa tahun pertama yaitu 66 mahasiswa dan 128 mahasiswi. Hasil penelitian  menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara dukungan teman dengan stres akademik pada mahasiswa tahun pertama selama pembelajaran daring (r = -0,356; p<0,05). Mahasiswa tahun pertama yang memperoleh dukungan dari teman akan menurun stres akademik yang dirasakannya. Dosen disarankan dapat menyediakan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk bekerjasama secara interaktif sehingga mahasiswa memperoleh dukungan dari teman mahasiswa selama proses pembelajaran daring.

 

Kata Kunci: dukungan teman, stres akademik, mahasiswa tahun pertama

 

Abstract

 

Ministry of Education and Culture issue a regulation for University to conduct online learning due to the Covid-19 pandemic in Indonesia. First-year university students as students who have just experienced a transition from high school to university are vulnerable to academic stress during online learning. Academic stress is the body responses related to high demand of academic tasks. Several studies show that academic stress can be lower when a person get support from surrounding environment. This study aims to explore the relationship between peers support and academic stress of first-year students during online learning in the Covid-19 pandemic. Participants in this study are 194 first-year students with 66 male students and 128 female students. The result shows that there is a significant relationship between peer support and academic stress of first-year students (r = -0.356; p < 0.05). Students who have support from their peers will have lower academic stress. It is recommended that the lectures should provide teaching methods that allow students to do learn interactively in order to get support from their peers during online learning.

Keywords: peer support, academic stress, first-year students


Save to Mendeley


Keywords


dukungan teman, stres akademik, mahasiswa tahun pertama

Full Text:

PDF

References


Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139–149. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi Covid-19 terhadap mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99–108. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008

Desmita. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik. PT Remaja Rosdakarya.

Erindana, F. U. N., Nashori, H. F., & Tasaufi, M. N. F. (2021). Penyesuaian diri dan stres akademik mahasiswa tahun pertama. Motiva: Jurnal Psikologi, 4(1), 11–17. https://doi.org/10.31293/MV.V4I1.5303

Gitiyarko, V. (2020). Kebijakan pemerintah menangani Covid-19 sepanjang semester II 2020. https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/kebijakan-pemerintah-menangani-covid-19-sepanjang-semester-ii-2020

Hamrat, N., Hidayat, D. R., & Sumantri, M. S. (2019). Dampak stres akademik dan cyberloafing terhadap kecanduan smartphone. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 13–19. https://doi.org/10.29210/120192324

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis tingkat stres akademik pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh dimasa Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 10–14. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804

Julika, S., & Setiyawati, D. (2019). Hubungan antara kecerdasan emosional, stres akademik, dan kesejahteraan subjektif pada mahasiswa. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(1), 50–59. https://doi.org/10.22146/gamajop.47966

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman dan pencegahan coronavirus (COVID- 19) (Vol. 5). https://doi.org/10.33654/math.v4i0.299

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. (2020). Kebijakan Pemerintah Republik Indonesia terkait wabah Covid-19. https://kemlu.go.id/brussels/id/news/6349/kebijakan-pemerintah-republik-indonesia-terkait-wabah-covid

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020, March 17). SE Mendikbud: Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19

Khasanah, S. U., & Syarifah, A. (2021). Persepsi mahasiswa pendidikan bahasa inggris UIN Sunan Ampel Surabaya terhadap pembelajaran daring via Zoom pada masa pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 23–33. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.70

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. Springer Publishing Company, Inc.

Maulina, B., & Sari, D. R. (2018). Derajat stres mahasiswa baru Fakultas Kedokteran ditinjau dari tingkat penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.4753

Meitamara, H. (2020). Pengaruh perfeksionisme dan dukungan sosial terhadap stres akademik pada mahasiswa [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/54378/

Nadlyfah, A. K., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan antara pengungkapan diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa rantau di Semarang. Empati, 7(1), 136–144.

Nugrahwati, R., & Dewi, K. S. (2014). Pengungkapan diri ditinjau dari dukungan sosial teman sebaya pada mahasiswa tahun pertama Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 3(4), 1–11.

Oktariani. (2019). Hubungan self efficacy dan dukungan sosial teman sebaya dengan self regulated learning pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. In JURNAL PSIKOLOGI KOGNISI (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.22303/KOGNISI.2.2.2018.98-112

Olejnik, S. N., & Holschuh, J. P. (2016). College rules!: How to study, survive, and succeed in college (4th ed.). Ten Speed Press.

Pramestuti, N. A., & Dewi, K. S. (2014). Distres ditinjau dari dukungan sosial teman sebaya pada mahasiswa tahun pertama Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 3(4), 1–11.

Rizal, J. G. (2021). Sejumlah negara kembali berlakukan Lockdown akibat lonjakan Covid-19, mana saja? Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/05/23/133100265/sejumlah-negara-kembali-berlakukan-lockdown-akibat-lonjakan-covid-19-mana?page=all

Saniskoro, B. S. R., & Akmal, S. Z. (2017). Peranan penyesuaian diri di perguruan tinggi terhadap stres akademik pada mahasiswa perantau di Jakarta. Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology, 4(1), 95–106. https://doi.org/10.24854/JPU67

Santrock, J. W., & Halonen, J. S. (2010). Your guide to college success : Strategies for achieving your goals. In Wadsworth Cengage Learning (6th ed.). Wadsworth Cengage Learning. https://libgen.lc/ads.php?md5=73fd934df5cb883ef64a7abcd3af79e9

Saputra, I. M. R. A., & Suarya, L. M. K. S. (2019). Peran stres akademik dan hardiness terhadap kecenderungan gangguan psikofisiologis pada mahasiswa Kedokteran tahun pertama. Jurnal Psikologi Udayana, 6(2), 1036–1048.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interactions (7th ed.). John Wiley & Sons, Inc.

Sarafino, E. P., Smith, T. W., King, D. B., & DeLongis, A. (2015). Health psychology: Biopsychosocial interactions (Canada). John Wiley & Sons Canada, Ltd.

Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir Jurusan X Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Empati, 5(2), 177–182.

Sasmita, I. A. G. H. D., & Rustika, I. M. (2015). Peran efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 280–289. https://doi.org/10.24843/jpu.2015.v02.i02.p16

Satuan Tugas Penanganan Covid-19. (2021). Peta sebaran. https://covid19.go.id/peta-sebaran

Siagian, G. Y. H. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap atribut pembelajaran sistem daring online pada mata kuliah matematika di Stieni Jakarta. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 31–40. https://doi.org/10.51276/edu.v1i3.56

Taylor, S. E. (2012). Health psychology. In McGraw Hill Education (8th ed.). The McGraw-Hill Companies, Inc.

Ubaidillah, A. (2014). Hubungan antara kesejahteran psikologis dan penyesuaian diri terhadap stres akademik pada mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang tahun akademik 2013 [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/734/

Virdita Ratriani. (2021, January 26). Inilah 5M untuk pencegahan Covid-19 dan bedanya dengan 3M serta 3T. https://kesehatan.kontan.co.id/news/inilah-5m-untuk-pencegahan-covid-19-dan-bedanya-dengan-3m-serta-3t

Wistarini, N. N. I. P., & Marheni, A. (2019). Peran dukungan sosial keluarga dan efikasi diri terhadap stres akademik mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana angkatan 2018. Jurnal Psikologi Udayana Fakultas Kedokteran, 6(164–173), 1390–1399.




DOI: https://doi.org/10.33508/exp.v10i1.3789